PENGEMBANGAN GAME 2D DALAM MEDIA INTERAKTIF UNTUK MUSEUM LAYANG-LAYANG INDONESIA

2007431046, Gilang Daffa Khairulloh (2024) PENGEMBANGAN GAME 2D DALAM MEDIA INTERAKTIF UNTUK MUSEUM LAYANG-LAYANG INDONESIA. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi] Text (Halaman Identitas Skripsi)
GILANG DAFFA KHAIRULLOH_COVER, BAB 1, BAB 5 & LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of ISI] Text (ISI)
BAB 2, BAB 3 & BAB 4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (3MB)
[thumbnail of Manuskrip artikel ilmiah] Text (Manuskrip artikel ilmiah)
Jurnal_2007431046_Gilang Daffa Khairulloh.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (341kB)

Abstrak

Museum Layang-layang Indonesia memiliki koleksi layang-layang dari seluruh
Indonesia dan dunia, berfungsi penting dalam melestarikan budaya dan sejarah
serta menyediakan edukasi tentang berbagai jenis dan pembuatan layang-layang.
Namun, museum menghadapi tantangan dalam menarik pengunjung, dengan
jumlah pengunjung yang bervariasi setiap tahun. Pada tahun 2019, terdapat
20.122 pengunjung (100 persen), tetapi turun drastis menjadi 4.813 pada tahun 2020
(23,92 persen), dan terus menurun menjadi 3.050 pada tahun 2021 (15,16 persen). Meskipun
meningkat menjadi 10.532 pada tahun 2022 (52,35 persen) dan 12.495 pada tahun 2023
(62,08 persen), jumlah pengunjung hingga tahun 2024 hanya mencapai 798 (3,96 persen).
Masalah yang dihadapi museum adalah kurangnya daya tarik yang interaktif bagi
pengunjung, serta keterbatasan dalam menyediakan pengalaman yang menarik
dan menyenangkan. Museum juga belum memanfaatkan teknologi digital secara
optimal untuk meningkatkan keterlibatan dan minat pengunjung. Untuk mengatasi
masalah ini, diusulkan pembuatan game 2D menggunakan Unity yang meliputi
game puzzle, kuis, dan simulasi menerbangkan layang-layang. Metode penelitian
menggunakan Game Development Life Cycle (GDLC) melalui enam tahap: Inisiasi
(Initiation), pra-produksi, produksi, pengujian, versi beta, dan rilis. Hasil uji
kepada 13 responden pengunjung Museum Layang-layang Indonesia menyatakan
bahwa game ini sudah layak dijadikan media edukasi game 2D dan aktivitas
tambahan untuk museum. Hasil penelitian berupa file desktop game berekstensi
.exe dijalankan pada komputer atau laptop.
Kata Kunci : Game edukasi, Game Develop

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Multimedia Digital D4
User ID Pengunggah: Unnamed user with email gilang.daffakhairulloh.tik20@mhsw.pnj.ac.id
Date Deposited: 27 Aug 2024 02:21
Last Modified: 27 Aug 2024 02:21
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/19846

Actions (login required)

View Item
View Item