Simulasi dan Analisa Sistem Kerja Electronic Over Current Relay (EOCR) untuk Gangguan Hubung Singkat 3 Fasa berbasis Software ETAP

Syuhada, Pharama Adhi (2024) Simulasi dan Analisa Sistem Kerja Electronic Over Current Relay (EOCR) untuk Gangguan Hubung Singkat 3 Fasa berbasis Software ETAP. Lainnya thesis, Politteknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi-merged.pdf] Text
Halaman Identitas Skripsi-merged.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Isi Laporan] Text (Isi Laporan)
bab2-4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)

Abstrak

Pembuatan modul ajar bertujuan untuk memudahkan mahasiswa mengetahui prinsip kerja relay OCR pada jaringan Distribusi, dengan membandingkan antara simulasi ETAP dan pengujian pada modul ajar.Pengujian ini menganalisis cara kerja Relay EOCR (Electronic Over Current Relay) dalam mendeteksi gangguan hubung singkat tiga fasa menggunakan software ETAP (Electrical Transient and Analysis Program). Electronic Over Current Relay (EOCR) adalah perangkat proteksi yang dirancang untuk melindungi sistem tenaga listrik dari gangguan arus lebih. Hasil menunjukkan simulasi ETAP sangat akurat dengan perbedaan kecil dibandingkan perhitungan manual. Sebagai contoh, arus gangguan manual adalah 0,0133kA, sedangkan hasil simulasi ETAP menunjukkan 0,014kA, dengan selisih sebesar 0,001kA. Hasil ini membuktikan bahwa Relay EOCR efektif mendeteksi dan merespons gangguan dengan cepat, meningkatkan keamanan dan kestabilan sistem tenaga listrik. Disarankan untuk memanfaatkan ETAP dalam analisis sistem tenaga listrik lainnya, serta melakukan evaluasi berkala sistem proteksi menggunakan ETAP. Kesimpulan menegaskan bahwa ETAP adalah alat yang andal untuk analisis sistem proteksi listrik dan Relay EOCR adalah pilihan tepat untuk meningkatkan keandalan dan keselamatan operasional.
Kata Kunci: Electronic Over Current Relay (EOCR), Short Circuit, Electrical Transient and Analysis Program (ETAP).

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 500 – Ilmu Pengetahuan > 530 Fisika > 537 Listrik dan elektronik
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Teknik Listrik D3
User ID Pengunggah: PHARAMA ADHI SYUHADA
Date Deposited: 27 Aug 2024 04:14
Last Modified: 27 Aug 2024 04:14
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/19838

Actions (login required)

View Item
View Item