Sistem Pengukuran Kadar Air Dan Bearing Capacity Pada Alat Simulator Likuefaksi Tanah

2003431023, Firly Nuraulia Rahmah (2024) Sistem Pengukuran Kadar Air Dan Bearing Capacity Pada Alat Simulator Likuefaksi Tanah. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Daftar Isi, Abstrak, BAB I Pendahuluan, BAB V Penutup, Lampiran] Text (Judul, Daftar Isi, Abstrak, BAB I Pendahuluan, BAB V Penutup, Lampiran)
Pendahuluan Halaman Identitas.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II - BAB IV] Text (BAB II - BAB IV)
ISI BAB II - BAB IV.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (3MB)
[thumbnail of Manuscript] Text (Manuscript)
Manuscript.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (1MB)

Abstrak

Peristiwa likufeaksi salah satu peristiwa yang berbahaya di mana tanah mengalami perubahan struktur akibat penambahan air, sehingga kekuatan tanah untuk menahan beban berkurang. Tanpa fondasi yang memadai, sebuah bangunan dapat mengalami penurunan secara bertahap, miring, atau dapat runtuh total selama atau setelah likuefaksi yang berisiko tinggi menyebabkan situasi berbahaya. Salah satu cara yang dilakukan, yaitu membuat sebuah alat simulator likuefaksi tanah yang berfungsi untuk mengetahui perilaku dan karakteristik tanah serta fondasi yang akan dipasang. Pentingnya mengukur kadar air dan kapasitas dukung (bearing capacity) pada peristiwa likuefaksi tidak bisa diabaikan, karena perubahan kadar air mempengaruhi stabilitas dan kekuatan tanah secara signifikan. Pengamatan yang dilakukan, yaitu meletakan sensor strain gauge pada pile helical pile dan earthquake drain. Hasil data yang terbaca bahwa nilai bearing capacity yang lebih rendah pada earthquake drain sebesar 3,61 kPa dibandingkan dengan helical pile menunjukkan bahwa helical pile lebih stabil dan mengalami deformasi yang lebih kecil di bawah beban. Sedangkan untuk pengukuran kadar air, dilakukan selama 30 detik sebelum pengujian berlangsung dan 30 detik setelah pengujian untuk mengetahui perbedaan kadar air setelah likuefaksi. Data menunjukkan penurunan kadar air sebesar 13,6% selama likuefaksi, menandakan bahwa sejumlah besar air telah keluar dari pori-pori tanah.

Kata Kunci : Bearing Capacity; Likuefaksi Tanah; kadar air; Strain Gauge; Hygrometer

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Instrumentasi dan Kontrol Industri D4
User ID Pengunggah: Firly Nuraulia Rahmah
Date Deposited: 27 Aug 2024 02:40
Last Modified: 27 Aug 2024 02:40
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/19789

Actions (login required)

View Item
View Item