SISTEM KONTROL PENGENDALIAN RESISTANSI PEMBUMIAN OTOMATIS DENGAN ELEKTRODA GROUNDING GRID PADA PLTS

2003411009, Gilang Maulana Iskandar (2024) SISTEM KONTROL PENGENDALIAN RESISTANSI PEMBUMIAN OTOMATIS DENGAN ELEKTRODA GROUNDING GRID PADA PLTS. Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan, dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan, dan Penutup)
JudulPendahuluanDanPenutup.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 s.d Bab 4] Text (Isi Bab 2 s.d Bab 4)
IsiBab2sdBab4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)

Abstrak

Sistem pembumian pada PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) sangat penting untuk memastikan keselamatan dan efisiensi operasional. Namun, performa sistem pembumian sangat bergantung pada kelembaban tanah yang dapat mempengaruhi resistansi tanah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem kontrol pengendalian resistansi pembumian otomatis dengan elektroda grounding grid pada PLTS. Sistem ini menggunakan mikrokontroler sebagai kontroler dan mengukur besar resistansinya dengan metode 3-pole-fall-of-potential. Sistem pengendalian besar resistansi berfungsi sesuai dengan yang direncanakan. Namun, hasil pengukuran cenderung fluktuatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan juga bahwa penambahan zat aditif dan air dapat menurunkan resistansi tanah. Untuk penambahan zat aditif dapat menurunkan besar resistansi sekitar 75% dari kondisi awal pengujian. Sedangkan penambahan air dapat menurunkan besar resistansi sekitar 3% dan hasilnya tidak terlalu signifikan.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Teknik Otomasi Listrik Industri D4
User ID Pengunggah: Gilang Iskandar
Date Deposited: 28 Aug 2024 03:02
Last Modified: 28 Aug 2024 03:02
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/19772

Actions (login required)

View Item
View Item