2101321009, Rabin Rahmat Faisal Sinambela (2024) Analisis Tebal Perkerasan Lapis Lentur Jalan Hauling Dengan Metode MDPJ 2017 dan Austroads 2017. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
Rabin Faisal _ Naskah 1.pdf - Submitted Version
Download (839kB)
Rabin Faisal _ Naskah 2.pdf - Submitted Version
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (3MB) | Request a copy
Abstrak
Jalan angkut pada site Indexim Coalindo sepanjang 35 km akan menghadapi kenaikan lalu liintas ditandai dengan peningkatan produksi yang pada tahun 2024 akan mencapai 30 juta ton. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk merancang ketebalan perkerasan lentur menggunakan metode MDPJ 2017 dan Austroads 2017, dengan studi kasus jalan tambang yang menghadapi beban kendaraan terbesar, yaitu Scania R620.` penelitian menunjukkan bahwa metode MDPJ 2017 menghasilkan tebal lapis perkerasan yang lebih kecil dibandingkan dengan metode Austroads 2017. Dengan metode MDPJ 2017, tebal lapis perkerasan adalah 4 cm (AC-WC), 6 cm (AC-BC), 25 cm (AC-Base), dan 30 cm (LFA kelas A), sementara metode Austroads 2017 menunjukkan tebal 41 cm (lapis aspal) dan 50 cm (LFA kelas A). Dari hasil Analisa harga satuan biaya meter persegi didapatkan metode MDPJ 2017 sebesar Rp. 1.213.413,65 lebih rendah dibandingkan dengan metode Austroads 2017 yang mencapai Rp.1.600.270,66. Penelitian ini memberikan panduan berharga dalam pemilihan metode desain perkerasan jalan yang ekonomis.
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3) |
---|---|
Subjek: | 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 624 Teknik sipil |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Teknik Sipil > Konstruksi Sipil D3 |
User ID Pengunggah: | Rabin Sinambela |
Date Deposited: | 26 Aug 2024 08:48 |
Last Modified: | 26 Aug 2024 08:48 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/19769 |