Sistem Pengukuran Rasio Tegangan Efektif Tanah dan Tekanan Air Pori (ru) dan Model Kelayakan Pondasi menggunakan Metode Logika Fuzzy Pada Alat Simulator Likuefaksi Tanah

2003431006, Yosefa Novianti Palan Asan (2024) Sistem Pengukuran Rasio Tegangan Efektif Tanah dan Tekanan Air Pori (ru) dan Model Kelayakan Pondasi menggunakan Metode Logika Fuzzy Pada Alat Simulator Likuefaksi Tanah. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan, dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan, dan Penutup)
Judul, Pendahuluan dan Penutup.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of Isi Bab II-IV] Text (Isi Bab II-IV)
Isi Bab II-IV.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (6MB)
[thumbnail of Manuskrip] Text (Manuskrip)
Manuskrip_Sistem Pengukuran Kelayakan Fondasi Pada Simulator Likuefaksi Tanah.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (289kB)

Abstrak

Peristiwa likufeaksi salah satu peristiwa yang berbahaya di mana tanah mengalami perubahan struktur akibat penambahan air, sehingga kekuatan tanah untuk menahan beban berkurang. Tanpa fondasi yang memadai, sebuah bangunan dapat mengalami penurunan secara bertahap, miring, atau dapat runtuh total selama atau setelah likuefaksi yang berisiko tinggi menyebabkan situasi berbahaya. Salah satu cara yang dilakukan, yaitu membuat sebuah alat simulator likuefaksi tanah yang berfungsi untuk mengetahui perilaku dan karakteristik tanah serta analisis kelayakan pondasi yang dipasang menggunakan metode fuzzy Mamdani. Pengamatan peristiwa likuefaksi tanah pada penelitian ini dilakukan dalam skala labolatorium dengan memberikan guncangan selama 30 detik pada plant untuk melihat nilai ru potensi likuefkasi berdasarkan nilai frekuensi getaran atau guncangan yang diberikan pada plant, kerapatan relatif tanah dan pondasi yang digunakan. Hasil penelitian ini diperoleh sistem yang dirancang dapat terintrgrasi dengan LabVIEW dengan rata-rata kesalahan untuk nilai deviasi pada pressure transmitter 1 dan dengan teori sebesar ± 0.02, pressure transmitter 3 dengan teori sebesar ± 0.014, pressure transmitter 4 dengan teori sebesar ± 0.05, pressure transmitter 5 dengan teori sebesar ± 0.29, pressure transmitter 6 dengan teori sebesar ± 0.016 dan error hasil output fuzzy dengan perhitungan teoeri sebesar 1.96%. Berdasarkan hasil dari penelitian, sistem yang dibuat dapat diterapkan untuk memanfaatkan teknologi software LabVIEW dalam mengakuisisi, mengolah, dan menyajikan data, serta menganalisis kelayakan pondasi sehingga dapat menunjang keberhasilan pengamatan.

Kata Kunci: rasio tegangan efektif tanah dan tekanan air pori (ru), likuefaksi tanah, shaking table, Fuzzy Mamdani

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Instrumentasi dan Kontrol Industri D4
User ID Pengunggah: Yosefa Novianti Palan Asan
Date Deposited: 26 Aug 2024 08:41
Last Modified: 26 Aug 2024 08:41
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/19698

Actions (login required)

View Item
View Item