Rancang Bangun Aplikasi Pengenalan dan Klasifikasi Jajanan Tradisional Indonesia Berbasis Android dengan MobileNet

2007411041, Bayu Nugroho (2024) Rancang Bangun Aplikasi Pengenalan dan Klasifikasi Jajanan Tradisional Indonesia Berbasis Android dengan MobileNet. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi] Text (Halaman Identitas Skripsi)
2007411041_Bayu Nugroho_Halaman Identitas Skripsi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 2 Tinjauan Pustaka, Bab 3 Metodologi Penelitian, Bab 4 Hasil dan Pembahasan] Text (Bab 2 Tinjauan Pustaka, Bab 3 Metodologi Penelitian, Bab 4 Hasil dan Pembahasan)
BAB 2-4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)
[thumbnail of Manuskrip Jurnal] Text (Manuskrip Jurnal)
2007411041_Bayu Nugroho-Jurnal.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (610kB)

Abstrak

Pada era modern ini, teknologi informasi telah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dalam mengenalkan dan melestarikan warisan kuliner tradisional. Menurut survei oleh Goodstats terhadap minat masyarakat terhadap pilihan makanan favorit pada tahun 2022, sebanyak 198 dari 440 (45%) responden memilih makanan tradisional/khas daerah sebagai makanan favorit mereka. Meskipun dengan minat yang tinggi, kesadaran akan kandungan gizi pada makanan tradisional masyarakat Indonesia masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun aplikasi deteksi dan klasifikasi jajanan tradisional Indonesia berbasis Android, yang dapat memberikan informasi mengenai nama, sejarah, kandungan gizi, dan cara pembuatan jajanan untuk memberikan solusi masalah tersebut. Aplikasi ini dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman Kotlin dan memanfaatkan integrasi MobileNet untuk mengenali berbagai jenis jajanan tradisional seperti dadar gulung, grontol, klepon, kue lapis, kue lumpur, lumpia, putu ayu, serabi, dan wajik. Selain itu, aplikasi juga menyediakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk melakukan kalkulasi Angka Kecukupan Gizi (AKG). Hasil kalkulasi tersebut nantinya dipakai untuk memberikan persentase AKG yang telah dicukupi oleh jajanan hasi klasifikasi. Hasil pengujian aplikasi menunjukkan bahwa aplikasi mendapat nilai System Usability Scale (SUS) sebesar 70,9 dan Net Promoter Score (NPS) sebesar 38%. Hal tersebut menunjukkan bahwa aplikasi ini mampu memberikan kepuasan terhadap sebagian besar fitur yang diberkikan kepada pengguna.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Informatika D4
User ID Pengunggah: Bayu Nugroho
Date Deposited: 26 Aug 2024 03:23
Last Modified: 26 Aug 2024 03:23
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/19686

Actions (login required)

View Item
View Item