Perancangan Ulang Kemasan Perhiasan Kawat Tembaga Pernik Elok

2006421062, Lovina Salma (2024) Perancangan Ulang Kemasan Perhiasan Kawat Tembaga Pernik Elok. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Lovina Salma_Halaman Identitas.pdf] Text
Lovina Salma_Halaman Identitas.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Lovina Salma_Halaman Isi.pdf] Text
Lovina Salma_Halaman Isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (4MB)

Abstrak

Pernik Elok merupakan sebuah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dari bidang kriya dan fesyen yang berlokasi di Cikarang, Jawa Barat serta didirikan sejak tahun 2017. Pernik Elok adalah sebuah usaha yang berawal dari kegemaran sang owner, Ibu Sisilia, untuk membuat kerajinan tangan hingga akhirnya menekuni pembuatan perhiasan kawat tembaga. Ibu Sisilia mulai memasarkan kerajinan tangannya tersebut sejak tahun 2017 dan pada tahun 2018 usahanya pun mulai berkembang pesat. Pernik Elok terdaftar sebagai UMKM binaan Dekranasda Kabupaten Bekasi bersama para pengusaha lain. Pernik Elok ingin terus memperluas pasar, namun semakin berkembangnya Pernik Elok juga diiringi dengan meningkatnya persaingan di antara para pengusaha dengan produk sejenis. Pernik Elok membutuhkan desain kemasan yang dapat menjadi representasi brand-nya dan menarik dari segi visual maupun struktur dibandingkan dengan kompetitor. Saat ini kemasannya yaitu berupa hard box polos tanpa identitas brand atau informasi produk sama sekali serta strukturnya yang kurang maksimal dalam melindungi produk. Kemasan tersebut belum memadai, oleh karena itu dibutuhkan perancangan ulang kemasan. Perancangan ini menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif untuk mengumpulkan data yang diperlukan. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, survei, observasi, dan studi literatur. Data yang telah dianalisis kemudian menjadi landasan dalam proses perancangan yang kemudian diimplementasikan menggunakan 5 tahapan metode riset design thinking yaitu empathize, define, ideate, prototype, dan testing. Proses perancangan kemasan diawali dari mindmapping dan moodboard untuk mendapatkan konsep visual. Konsep kemudian divisualisasikan dengan membuat sketsa kasar, sketsa halus, hingga menghasilkan beberapa desain komprehensif. Perancangan ini menghasilkan desain media utama berupa kemasan set-up box berbahan hard board yang kemudian juga menghasilkan beberapa media turunan yaitu brosur, flyer, business card, dan paper bag.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Grafika dan Penerbitan > Desain Grafis D4
User ID Pengunggah: Mahasiswa Lovina Salma
Date Deposited: 27 Aug 2024 07:13
Last Modified: 27 Aug 2024 07:13
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/19659

Actions (login required)

View Item
View Item