ANALISIS PERBANDINGAN RENCANA ANGGARAN BIAYA KONSTRUKSI PERUMAHAN TIPE 36 ANTARA METODE KONVENSIONAL DAN BUILDING INFORMATION MODELING (BIM)

Apriansyah, Fadhil Dzaky (2024) ANALISIS PERBANDINGAN RENCANA ANGGARAN BIAYA KONSTRUKSI PERUMAHAN TIPE 36 ANTARA METODE KONVENSIONAL DAN BUILDING INFORMATION MODELING (BIM). D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan, Penutup] Text (Judul, Pendahuluan, Penutup)
Fadhil Dzaky A_ Naskah Bagian 1.pdf - Accepted Version

Download (6MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 s/d 4] Text (Isi Bab 2 s/d 4)
Fadhil Dzaky A_ Naskah Bagian 2.pdf - Accepted Version
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (8MB)

Abstrak

Pertumbuhan sektor konstruksi di Indonesia telah mengalami perkembangan signifikan dalam beberapa dekade terakhir. Salah satu indikator utama adalah meningkatnya kebutuhan akan perumahan, khususnya perumahan tipe 36 yang menjadi pilihan favorit bagi masyarakat kelas menengah. Seiring dengan meningkatnya permintaan, tantangan muncul bagi industri konstruksi untuk dapat menyediakan perumahan yang efisien biaya, berkualitas baik, dan waktu konstruksi yang lebih singkat. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan RAB konstruksi perumahan tipe 36 antara metode konvensional dan BIM. Penelitian dilakukan dengan mengumpulkan data sekunder dan studi literatur. Hasil penelitian ini menemukan bahwa faktor-faktor penyebab terjadinya perbedaan nilai volume pekerjaan pekerjaan struktur dan arsitektur yang menggunakan BIM dan metode konvensional yaitu perbedaan dalam pembulatan koma, terjadinya kesalahan dalam pengimputan dimensi, terjadinya perbedaan cara pengukuran dimensi ukuran. Hasil dari penelitian didapatkan selisih rencana anggaran biaya antara perhitungan konvensional dan BIM pada pekerjaan struktur sebesar Rp. 222.965 dan pada pekerjaan arsitektur sebesar Rp 1.300.556

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 624 Teknik sipil
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Sipil > Konstruksi Gedung D3
User ID Pengunggah: Fadhil Dzaky Apriansyah
Date Deposited: 26 Aug 2024 07:46
Last Modified: 26 Aug 2024 07:46
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/19638

Actions (login required)

View Item
View Item