Rancang Bangun Trainer Kit PLC HMI SCADA Untuk Aplikasi Sistem Mixing Plant

2103311029, Hananta Alif Pratama (2024) Rancang Bangun Trainer Kit PLC HMI SCADA Untuk Aplikasi Sistem Mixing Plant. Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5)] Text (Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5))
Halaman Identitas Tugas Akhir.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 sd Bab 4] Text (Isi Bab 2 sd Bab 4)
ISIBab2sdBab4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (3MB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal)] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal))
Manuskrip artikel ilmiah.pdf

Download (994kB)

Abstrak

Sistem mixing plant berperan penting dalam industri, di mana kontrol yang presisi dan efisien sangat diperlukan untuk memastikan kualitas produk yang dihasilkan. Dengan perkembangan teknologi otomasi, penggunaan Programmable Logic Controller (PLC), Human Machine Interface (HMI), dan Supervisory Control and Data Acquisition (SCADA) menjadi semakin penting untuk meningkatkan keandalan dan efisiensi operasional. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan menerapkan sistem otomasi pada mixing plant guna mencapai hasil produk yang lebih konsisten dan berkualitas tinggi. Trainer kit yang dirancang mengintegrasikan PLC S7-1200 CPU 1215C sebagai pengendali utama, HMI WEINTEK MT8072iP sebagai antarmuka pengguna, serta power supply dengan spesifikasi 220VAC/24VDC 15A sebagai tegangan supply arus DC. Pemilihan komponen dilakukan berdasarkan analisis teknis serta kompatibilitas antar-komponen. Pengujian menggunakan multimeter menunjukkan bahwa resistansi pada koneksi antar-komponen berkisar antara 0,1 hingga 0,3 ohm, yang menunjukkan kontinuitas listrik yang baik. Tegangan output dari power supply tetap stabil pada 24V, bahkan ketika berada pada beban maksimal 15A, menunjukkan keandalan sistem yang tinggi. Perhitungan menunjukkan bahwa arus sebesar 2,17A pada tegangan 24V memerlukan MCB dengan spesifikasi yang sesuai untuk melindungi sistem dari overload dan short circuit. Implementasi sistem otomasi ini meningkatkan efisiensi operasional mixing plant hingga 85%, dengan peningkatan keandalan sistem sebesar 90% .

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Teknik Listrik D3
User ID Pengunggah: A.Md.T. Hananta Alif Pratama
Date Deposited: 28 Aug 2024 02:33
Last Modified: 28 Aug 2024 02:33
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/19625

Actions (login required)

View Item
View Item