RANCANG BANGUN GAME 3D PADA MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF ‘KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP’ BERBASIS GAME 3D

2007431045, Dinda Ayu Syafitri (2024) RANCANG BANGUN GAME 3D PADA MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF ‘KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP’ BERBASIS GAME 3D. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5)] Text (Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5))
Halaman Identitas Skripsi (BAB I dan BAB V).pdf

Download (27MB)
[thumbnail of Isi (Bab 2 s/d 4)] Text (Isi (Bab 2 s/d 4))
Isi (BAB II - BAB IV).pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (7MB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal)] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal))
2007431045_Artikel Dinda Ayu Syafitri.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (1MB)

Abstrak

Kurikulum Merdeka dikembangkan untuk mengatasi krisis pembelajaran di Indonesia, menekankan pengembangan soft skills, materi esensial, dan fleksibilitas pembelajaran. Di tingkat SMP, khususnya untuk kelas 7, materi Klasifikasi Makhluk Hidup adalah salah satu yang diajarkan, namun sering kali diajarkan dengan metode ceramah yang membuat siswa pasif. Kurikulum Merdeka mengharapkan siswa lebih aktif dan mengembangkan keterampilan inkuiri.
Untuk mengatasi masalah ini, diperlukan media pembelajaran alternatif yang lebih interaktif, seperti game 3D. Media pembelajaran interaktif menyediakan informasi dalam bentuk model 3D, teks, suara, dan gambar, yang dapat meningkatkan keaktifan dan ketertarikan siswa. Penggunaan game 3D telah terbukti memberikan dampak positif pada pemahaman dan daya ingat siswa, serta meningkatkan kemampuan kognitif mereka.
Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun game 3D bergenre petualangan yang melibatkan identifikasi gambar untuk mengelompokkan makhluk hidup menggunakan metode pengembangan GDLC. Dengan gameplay yang interaktif dan edukatif, game ini diharapkan dapat menjadi media pembelajaran alternatif yang efektif, meningkatkan partisipasi aktif siswa dan memotivasi mereka dalam mempelajari materi Klasifikasi Makhluk Hidup.
Pada penelitian ini dilakukan pengujian terhadap siswa kelas 7 di MTsN 6 Jakarta. Berdasarkan pengujian yang dihitung menggunakan skala likert ini didapatkan hasil indeks rata-rata 69,575% yang berarti target pengguna setuju bahwa media pembelajaran interaktif berbasis game yang dibuat telah berhasil meningkatkan ketertarikan, motivasi dan juga keaktican siswa dalam mempelajari materi Klasifikasi Makhluk Hidup.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Multimedia Digital D4
User ID Pengunggah: Unnamed user with email dinda.ayusyafitri.tik20@mhsw.pnj.ac.id
Date Deposited: 26 Aug 2024 01:06
Last Modified: 26 Aug 2024 01:06
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/19624

Actions (login required)

View Item
View Item