SISTEM PENCACAH SAMPAH OTOMATIS BERBASIS INTERNET OF THINGS (IOT) UNTUK PEMANTAUAN DAN PENGELOLAAN LIMBAH

2103321002, Ilham Rifansyah (2024) SISTEM PENCACAH SAMPAH OTOMATIS BERBASIS INTERNET OF THINGS (IOT) UNTUK PEMANTAUAN DAN PENGELOLAAN LIMBAH. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Tugas Akhir] Text (Halaman Identitas Tugas Akhir)
HALAMAN IDENTITAS SKRIPSI.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB 2 s/d BAB 4 isi skripsi] Text (BAB 2 s/d BAB 4 isi skripsi)
ISI SKRIPSI.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)

Abstrak

Pengelolaan sampah yang tidak efisien di kota Depok dapat menyebabkan pencemaran lingkungan dan emisi gas rumah kaca. Metode tradisional yang bergantung pada tenaga manusia sering kali tidak efektif. Teknologi modern seperti Internet of Things (IoT) dan otomatisasi menawarkan solusi potensial untuk masalah ini. Penelitian ini mengembangkan mesin pencacah sampah otomatis berbasis IoT menggunakan Arduino Atmega2560 dan modul ESP8266. Mesin ini dirancang untuk menghancurkan sampah menjadi bagian kecil, memudahkan proses daur ulang dan pengelolaan lanjutan. Dengan sensor dan aktuator yang dikendalikan oleh Arduino Atmega2560 serta konektivitas internet melalui modul ESP8266, sistem ini bekerja secara otomatis dan mengirimkan data pemantauan ke platform IoT. Rumusan masalah mencakup implementasi program Arduino untuk mengontrol sensor, aktuator, dan modul ESP8266 agar mesin dapat beroperasi secara otomatis, serta pemanfaatan Telegram untuk pemantauan jarak jauh. Penelitian juga meneliti pengaruh PWM terhadap hasil pencacahan sampah dan perubahan tegangan motor DC. Pengaruh PWM terhadap hasil pencacahan sampah berbeda tergantung jenis sampah. Untuk sampah organik, level PWM antara 200 hingga 255 dengan waktu pencacahan selama 10 detik memberikan hasil terbaik. Sedangkan untuk sampah anorganik, diperlukan PWM yang lebih tinggi, yaitu antara 200 hingga 255 dengan waktu pencacahan 60 detik, untuk mencapai hasil yang lebih baik.

Kata kunci: Internet of Things (IoT); Mesin Pencacah Sampah Otomatis; Arduino Mega2560; ESP8266

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Teknik Elektronika Industri D3
User ID Pengunggah: Ilham Rifansyah
Date Deposited: 27 Aug 2024 00:39
Last Modified: 27 Aug 2024 00:39
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/19593

Actions (login required)

View Item
View Item