Alat Penyaringan Air Portabel Untuk penanggulangan Pertama Pada Daerah Bencana Dengan Metode Reverse Osmosis Berbasis Internet Of Things.

2103321082, Abdul Haris Kahar (2024) Alat Penyaringan Air Portabel Untuk penanggulangan Pertama Pada Daerah Bencana Dengan Metode Reverse Osmosis Berbasis Internet Of Things. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Identitas, BAB 1, BAB 5, Lampiran] Text (Identitas, BAB 1, BAB 5, Lampiran)
Repository_Bagian 1.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB 2 s/d BAB 4] Text (BAB 2 s/d BAB 4)
Repository_Isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Artikel Ilmiah] Text (Artikel Ilmiah)
Repository_Manuskrip Artikel Ilmiah.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (608kB)

Abstrak

Bencana alam menyebabkan krisis air bersih yang berdampak luas pada kesehatan, ekonomi, sosial, dan lingkungan. Akses jalan pada dua pekan pertama sangat terbatas, sehingga mobil truk untuk pengadaan air bersih belum dapat masuk ke daerah pengungsian. Pembuatan alat penyaringan air mobile dengan metode reverse osmosis dan berbasis Internet of Things dapat menjadi solusi penanggulangan pertama untuk jangka waktu minimal dua pekan sampai diadakan persediaan air bersih skala besar. Fokus pembuatan alat mengacu pada aspek
mobilitas sehingga dapat digunakan dalam berbagai kondisi darurat, dengan pemantauan kualitas air secara real-time untuk memastikan air yang dihasilkan memenuhi standar. Pembuatan alat melibatkan sensor pH yang berfungsi memastikan air reverse osmosis sesuai dengan standar kelayakan air minum. Data pengujian ditampilkan pada website yang terhubung dengan program pembacaan sensor pH melalui broker phpMyAdmin. Pengujian alat terdiri dari verifikasi sensor pH dengan rata-rata nilai akurasi 99 persen, nilai stabilitas dengan koefisien variasi 1,46 persen, dan pengujian air reverse osmosis pada beberapa sampel dengan nilai ratarata pH air hasil penyaringan pada angka 7.

Kata Kunci: Reverse Osmosis, Nilai pH, Mobilitas.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Teknik Elektronika Industri D3
User ID Pengunggah: mahasiswa abdul haris kahar
Date Deposited: 26 Aug 2024 06:34
Last Modified: 26 Aug 2024 06:34
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/19569

Actions (login required)

View Item
View Item