Pengaruh Fear of Missing Out (FoMO) dan Literasi Keuangan terhadap Keputusan Investasi di Kalangan Mahasiswa (Studi Kasus Pada Kalangan Mahasiswa di Pulau Jawa)

2004441054, Nadila Putri Lestari (2024) Pengaruh Fear of Missing Out (FoMO) dan Literasi Keuangan terhadap Keputusan Investasi di Kalangan Mahasiswa (Studi Kasus Pada Kalangan Mahasiswa di Pulau Jawa). D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan, dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan, dan Penutup)
Judul, Pendahuluan, dan Penutup.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Bab 2 s.d. Bab 4] Text (Bab 2 s.d. Bab 4)
Bab 2 s.d. Bab 4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (693kB)
[thumbnail of Manuskrip] Text (Manuskrip)
Manuskrip.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (215kB)

Abstrak

Media sosial dan tingkat penetrasi internet yang tinggi dapat memengaruhi perilaku investasi, terutama di kalangan mahasiswa yang rentan terhadap Fear of Missing Out (FoMO). Literasi keuangan yang rendah akan memperburuk dampaknya, seperti terlihat dari kasus investasi bodong yang melibatkan mahasiswa. Peningkatan literasi keuangan diharapkan dapat membantu mahasiswa membuat keputusan investasi yang bijak. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh Fear of Missing Out (FoMO) dan literasi keuangan terhadap keputusan investasi di kalangan mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi di Pulau Jawa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan kuesioner untuk memperoleh data. Metode yang digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh menggunakan metode analisis regresi linier berganda. Data pada penelitian ini diperoleh melalui kuesioner yang sudah diisi oleh 149 responden dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa Fear of Missing Out (FoMO) dan Literasi Keuangan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Keputusan Investasi mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi di Pulau Jawa baik secara parsial maupun simultan.

Kata Kunci: Fear of Missing Out (FoMO), Literasi Keuangan, Keputusan Investasi.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan
300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 339 Makroekonomi, ekonomi makro dan topik terkait
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Manajemen Keuangan D4
User ID Pengunggah: Nadila Putri Lestari
Date Deposited: 26 Aug 2024 07:04
Last Modified: 26 Aug 2024 07:04
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/19528

Actions (login required)

View Item
View Item