ANALISIS FUNDAMENTAL DAN VALUASI SAHAM MENGGUNAKAN METODE RELATIVE VALUATION UNTUK PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN SEKTOR ENERGI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2024)

2004441017, Novi Yusfita (2024) ANALISIS FUNDAMENTAL DAN VALUASI SAHAM MENGGUNAKAN METODE RELATIVE VALUATION UNTUK PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN SEKTOR ENERGI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2024). D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Bab 1 Pendahuluan] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Halaman Identitas Skripsi.pdf

Download (813kB)
[thumbnail of Bab 2 Tinjauan Pustaka] Text (Bab 2 Tinjauan Pustaka)
Isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (949kB)
[thumbnail of Artikel] Text (Artikel)
Artikel Jurnal_Novi Yusfita.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (410kB)

Abstrak

Sektor energi merupakan salah satu sektor yang memiliki rata-rata rasio PER rendah, yaitu sebesar 8,76 kali. Nilai PER yang rendah dapat menjadikan saham perusahaan di sektor energi sebagai pilihan investasi investor. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis saham secara fundamental dengan melakukan analisis rasio keuangan yang terdiri dari Current Ratio, Debt Equity Ratio, Total Asset Turnover, Return on Equity dan valuasi saham menggunakan pendekatan relative valuation dengan metode Price Earning Ratio Price to Book Value, Price to Sales Ratio, dan Price to Cash Flow pada perusahaan sektor energi yang tercatat di Bursa Efek Indonesia tahun 2024. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor energi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2024. Jenis data yang digunakan dalam penelitian adalah data sekunder dan sampel penelitian menggunakan metode purposive sampling yang menghasilkan tiga perusahaan yaitu PT Citra Nusantara Gemilang Tbk, PT Ancara Logistics Indonesia Tbk, dan PT Multikarya Asia Pasifik Raya Tbk. Hasil penelitian menunjukkan kesehatan perusahaan dan jika saham dinilai overvalued, maka keputusan investasi adalah menjual atau tidak membeli saham tersebut. Sebaliknya, jika nilai saham undervalued, maka keputusan investasi yang tepat adalah membeli atau menahannya.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan
300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 339 Makroekonomi, ekonomi makro dan topik terkait
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Manajemen Keuangan D4
User ID Pengunggah: Novi Yusfita
Date Deposited: 26 Aug 2024 07:04
Last Modified: 26 Aug 2024 07:04
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/19505

Actions (login required)

View Item
View Item