PERANCANGAN MEDIA PROMOSI MINI ALBUM “LARI DARI LARA” OLEH ORKES MALEM MINGGU

2006421028, Bimasakti Satria Adi Nugraha (2024) PERANCANGAN MEDIA PROMOSI MINI ALBUM “LARI DARI LARA” OLEH ORKES MALEM MINGGU. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan dan Penutup)
Bab 1 & Bab 5.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 sd Bab 4] Text (Isi Bab 2 sd Bab 4)
Laporan TA_Bimasakti Satria Adi Nugraha_DG8A (Bab 2 - Bab 4).pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (4MB)

Abstrak

Dalam era digital saat ini, visual dan media promosi memainkan peran krusial dalam penjualan album musik. Orkes Malam Minggu, sebuah band dangdut modern dari Bekasi yang didirikan pada 2019, berencana merilis album mini (EP) perdana mereka yang berjudul "Lari Dari Lara" pada tahun 2024. Namun, band ini belum memiliki strategi promosi yang memadai untuk memperkenalkan album tersebut kepada khalayak luas, terutama target pasar mereka yang didominasi oleh kalangan remaja dan muda. Orkes Malam Minggu belum memiliki media promosi yang efektif dan visual yang menarik untuk album mini perdana mereka. Hal ini dapat menghambat jangkauan audiens potensial dan mempengaruhi penjualan album di era digital yang sangat kompetitif. Tujuan dari tugas akhir ini adalah merancang media promosi yang efektif dan visual yang menarik untuk album mini "Lari Dari Lara" oleh Orkes Malam Minggu. Perancangan ini akan mencakup desain cover album, dan media pendukung seperti CD, kaos, kaset, poster, dan stiker yang dimana untuk menciptakan identitas visual yang kuat, meningkatkan daya tarik album, dan memperluas jangkauan promosi kepada target audiens, terutama kalangan remaja dan muda. Metode yang digunakan pada perancangan media promosi adalah kualitatif dan kuantitatif yang melalui tahapan wawancara, kuesioner, observasi, studi literatur dan survei. Hasil data diolah bersamaan dengan analisis SWOT, dan arahan kreatif. Tahapan mind mapping dan moodboard sebagai proses untuk mendapatkan key visual sesuai key message yang mengacu kepada tone and manner media promosi yaitu playful dan dinamis. Hasil dari perancangan ini berupa CD, kaset, t-shirt, poster dan stiker dengan menerapkan konsep playful dan kegagalan cinta. Elemen-elemen yang diterapkan pada desain seperti warna, tipografi, dan ilustrasi membuat desain ini mempresentasikan tema dari album itu sendiri yaitu kegagalan cinta tetapi dikemas dengan konsep yang playful.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 700 - Seni dan Rekreasi > 700 Seni, seni rupa, kesenian > 700 Seni, seni rupa, kesenian
700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif
700 - Seni dan Rekreasi > 780 Musik > 780 Musik
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Grafika dan Penerbitan > Desain Grafis D4
User ID Pengunggah: Bimasakti Satria Adi Nugraha
Date Deposited: 27 Aug 2024 05:07
Last Modified: 27 Aug 2024 05:07
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/19454

Actions (login required)

View Item
View Item