Dashboard Monitoring dan Kontrol Minyak Atsiri Menggunakan SCADA Web SMARTICS

2003431015, Saffanah Putri N. Mudzakkir (2024) Dashboard Monitoring dan Kontrol Minyak Atsiri Menggunakan SCADA Web SMARTICS. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Lembar pengesahan, Halaman Orisinalitas, Kata Pengantar, Bab 1 dan Bab 5] Text (Judul, Lembar pengesahan, Halaman Orisinalitas, Kata Pengantar, Bab 1 dan Bab 5)
Halaman Identitas Revisi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Isi.pdf] Text
Isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Artikel Revisi 4 - Analisis Kontrol Level pada Boiler dengan Metode Kontrol PID Ziegler Nichols.pdf] Text
Artikel Revisi 4 - Analisis Kontrol Level pada Boiler dengan Metode Kontrol PID Ziegler Nichols.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini mengevaluasi efektivitas SmartICS dalam memudahkan operator memantau situasi sistem dengan baud rate 9600 bps. SmartICS menyediakan antarmuka pengguna yang intuitif dan alat bantu yang mempermudah pengelolaan sistem, serta menghilangkan kebutuhan pengguna untuk mengelola query database. Fitur database yang tersedia memungkinkan pengguna untuk melihat data historis melalui trendline. Penggunaan Modbus TCP/IP sebagai protokol komunikasi menunjukkan kecepatan tinggi dalam pengiriman dan penerimaan data, menyediakan respons real-time yang esensial untuk pengendalian yang efektif, dengan kecepatan transfer data mencapai 100 Mbps dan overhead paket sekitar 20-60 byte. Dalam hal keselamatan sistem, boiler dilengkapi dengan tiga sensor penting: level, suhu, dan tekanan, yang sangat krusial untuk memantau variabel kritis dalam proses boiler. Fitur alarm di SmartICS memberikan notifikasi kepada operator jika terjadi kesalahan pengukuran atau masalah sistem, memungkinkan tindakan pencegahan yang cepat untuk menjaga keselamatan dan kinerja. Penelitian juga menemukan kenaikan tekanan sebesar 0.09 PSI saat suhu mencapai 73°C; namun, untuk mencapai tingkat tekanan yang diinginkan, ditemukan kendala mekanik pada perangkat, seperti kebocoran boiler dan pipa yang patah.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 500 – Ilmu Pengetahuan > 500 Ilmu pengetahuan > 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Instrumentasi dan Kontrol Industri D4
User ID Pengunggah: Saffanah Putri N. Mudzakkir
Date Deposited: 29 Aug 2024 00:23
Last Modified: 29 Aug 2024 00:23
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/19442

Actions (login required)

View Item
View Item