PERANCANGAN ULANG DESAIN KEMASAN SEKUNDER BRAND ATTAQI PARFUM

Hayat, Alya Sari (2024) PERANCANGAN ULANG DESAIN KEMASAN SEKUNDER BRAND ATTAQI PARFUM. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Dokumen Skripsi] Text (Halaman Identitas Dokumen Skripsi)
Isi Halaman Identitas-Alya Sari Hayat.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB 2 s/d BAB 4 Isi Skripsi] Text (BAB 2 s/d BAB 4 Isi Skripsi)
Isi BAB 2 - 4_Alya Sari Hayat.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (4MB) | Request a copy

Abstrak

Bisnis parfum lokal di Indonesia terus mengalami pertumbuhan pesat, sehingga para pengusaha parfum perlu bersaing dengan menciptakan citra merek yang unik pada produk mereka. Citra merek ini bisa diterapkan melalui kemasan produk, yang merupakan elemen pertama yang dilihat oleh konsumen. Oleh karena itu, penting bagi kemasan untuk memiliki tampilan visual yang menarik karena dapat mempengaruhi persepsi konsumen terhadap produk. Attaqi Perfume adalah merek parfum extrait de perfume yang menawarkan lima varian aroma dan membutuhkan pembaruan desain kemasan. Saat ini, Attaqi Perfume menggunakan desain yang sama untuk setiap variannya. Merek ini memerlukan pembaruan desain agar kemasan parfum dapat menonjolkan citra setiap varian aroma serta membedakan aroma produk. Desain juga harus mampu mengangkat citra merek yang premium, elegan, dan modern. Perancangan ulang desain kemasan Attaqi Perfume untuk diferensiasi varian aroma dilakukan melalui metode riset desain dengan pengumpulan data menggunakan metode campuran. Desain ulang ini mengaplikasikan elemen desain grafis berupa ilustrasi lineart geometris yang memberikan kesan modern, dengan warna ilustrasi yang disesuaikan dengan aroma parfum. Penggunaan warna hitam dan logo berwarna emas sebagai elemen wajib dari merek ini menimbulkan kesan premium dan elegan. Diharapkan, perancangan ulang desain ini dapat memperkuat citra yang ingin disampaikan oleh merek dan menunjukkan karakter dari setiap varian aroma pada kemasan produk. Selain itu, desain baru ini juga dapat menjadi media promosi dan informasi produk Attaqi Perfume. Penerapan desain baru ini juga diaplikasikan pada media turunan dengan harapan desain kemasan sekunder Attaqi Perfume dapat mengangkat citra merek dan lebih dikenal, sehingga mampu bersaing dengan merek parfum lokal lainnya.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 700 - Seni dan Rekreasi > 700 Seni, seni rupa, kesenian > 700 Seni, seni rupa, kesenian
700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif
700 - Seni dan Rekreasi > 760 Pembuatan cetakan dan seni cetak > 760 Pembuatan cetakan dan seni cetak
700 - Seni dan Rekreasi > 760 Pembuatan cetakan dan seni cetak > 769 Seni percetakan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Grafika dan Penerbitan > Desain Grafis D4
User ID Pengunggah: Alya Sari Hayat
Date Deposited: 27 Aug 2024 03:03
Last Modified: 27 Aug 2024 03:03
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/19439

Actions (login required)

View Item
View Item