PERANCANGAN BOARD GAME SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN EDUKATIF BACA TULIS HITUNG DI TK RA ULIL ALBAB

2006421059, Muhammad Adam Brilliansyah (2024) PERANCANGAN BOARD GAME SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN EDUKATIF BACA TULIS HITUNG DI TK RA ULIL ALBAB. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of BAB I & V + Preliminaries & Postliminaries] Text (BAB I & V + Preliminaries & Postliminaries)
BAB I & V Laporan TA_Muhammad Adam Brilliansyah_DG8C.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II & IV] Text (BAB II & IV)
BAB II & IV Laporan TA_Muhammad Adam Brilliansyah_DG8C.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (4MB)

Abstrak

TK Ra Ulil Albab telah mengadopsi Kurikulum Merdeka, program dari Kemendikbudristek, untuk tahun ajaran 2024-2025 yang dimulai pada Juli 2024. Dalam rangka mendukung penerapan kurikulum baru ini, dibutuhkan media pembelajaran inovatif seperti flashcard, puzzle, buku cerita, dan board game. Board game dipilih sebagai fokus pengembangan karena media pembelajaran konvensional seperti balok dan Lego yang saat ini digunakan di TK Ra Ulil Albab dinilai kurang efektif. Selain mudah hilang, balok yang terbuat dari kayu keras juga berpotensi menyebabkan cedera pada anak-anak. Tujuan dari perancangan board game ini adalah untuk mendukung kurikulum merdeka, serta mempersiapkan anak dengan materi baca tulis hitung untuk masuk ke jenjang yang lebih tinggi karena beberapa tingkat sekolah dasar menerapkan tes baca tulis hitung untuk masuk. Proses perancangan board game ini menggunakan metode design thinking, dengan fokus pada tahap Ideate. Tahap ini melibatkan brainstorming yang diimplementasikan dalam bentuk mindmap, diikuti dengan pemilihan kata kunci untuk dikembangkan menjadi key visual dalam moodboard. Setelah itu, dibuat tiga alternatif sketsa, di mana salah satu sketsa terpilih untuk dilanjutkan ke tahap digitalisasi dan menjadi desain final. Desain tersebut kemudian dicetak sebagai prototipe dan diuji untuk mendapatkan feedback dari klien dan audiens. Board game ini dirancang dengan prinsip desain asimetris dan nonlinear pada jalur petak serta mengadaptasi bentuk permainan ular tangga dengan jalur melingkar membentuk konsep perjalanan, serta prinsip simetris dan emphasis (penekanan) pada desain kartu dan kemasan. Ditambah media pendukung lainnya, seperti buku panduan dan kartu ucapan, juga mengikuti tema desain ini. Dengan palet warna yang cerah dan tema outdoor, ilustrasi anak-anak yang belajar serta objek angka dan huruf disusun dalam perspektif isometrik, menciptakan kesan bermain di taman angka dan huruf. Diharapkan perancangan board game ini dapat dijadikan sebagai media pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum merdeka yang baru saja diterapkan oleh TK Ra Ulil Albab, serta dapat meningkatkan antusiasme dalam pembelajaran sehari-hari.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 700 - Seni dan Rekreasi > 700 Seni, seni rupa, kesenian > 700 Seni, seni rupa, kesenian
700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 741 Gambar dan seni menggambar
700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 776 Seni komputer (seni digital)
700 - Seni dan Rekreasi > 790 Olahraga, permainan dan hiburan > 793 Permainan dalam ruangan, hiburan dalam ruangan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Grafika dan Penerbitan > Desain Grafis D4
User ID Pengunggah: Muhammad Adam Brilliansyah
Date Deposited: 27 Aug 2024 05:01
Last Modified: 27 Aug 2024 05:01
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/19418

Actions (login required)

View Item
View Item