PERANCANGAN ULANG IDENTITAS VISUAL UNTUK MEMBANGUN BRAND IMAGE FOCA KOPI

2006421069, Amir Rafi Fadhilah (2024) PERANCANGAN ULANG IDENTITAS VISUAL UNTUK MEMBANGUN BRAND IMAGE FOCA KOPI. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan dan Penutup)
Laporan TA_Amir Rafi Fadhilah_DG 8C (Bab 1 & Bab 5).pdf

Download (6MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 sd Bab 4] Text (Isi Bab 2 sd Bab 4)
Laporan TA_Amir Rafi Fadhilah_DG 8C (Bab 2 & Bab 4).pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (3MB)

Abstrak

Gaya hidup konsumtif akibat modernisasi telah mempengaruhi berbagai sektor, termasuk industri kopi. Konsumsi kopi di Indonesia, yang semakin meningkat, telah menciptakan peluang bagi perkembangan bisnis coffee shop. Foca Kopi, didirikan pada tahun 2023 di Depok, menawarkan pengalaman garden cafe yang homey dan elegan serta friendly. Namun, logo Foca Kopi saat ini masih generik dan kurang mencerminkan citra mereknya, sehingga memerlukan perancangan ulang identitas visual untuk membangun brand image yang dapat meningkatkan brand awareness. Metode yang digunakan pada perancangan ini yaitu design thinking yang mencakup define, ideate, prototype, dan testing. Proses perancangan ulang dimulai dengan melakukan riset dengan metode mixed-method melalui wawancara, observasi, kuesioner, dan studi literatur. Penelitian ini juga menggunakan analisis SWOT dan STP. Dari perolehan data tersebut akan mendapatkan creative brief yang berisi hal-hal untuk membantu proses perancangan. Selanjutnya tahap yang dilakukan adalah membuat mind map dan moodboard yang akan menjadi acuan dalam pembuatan sketsa kasar. Dari sketsa kasar kemudian lanjut ke tahap desain komprehensif yang menghasilkan satu desain terpilih beserta penerapannya pada turunan visualnya. Setelah mendapatkan desain identitas visual terpilih berupa logo dengan kombinasi bentuk sederhana dari rumah, daun alpukat, dan juga senyuman yang merepresentasikan citra homey, elegan, serta friendly dengan tipografi berjenis serif “Cinzel” dan sans serif “Poppins”. Identitas visual ini menggunakan warna warm earth tone yaitu dark sage (hijau), old copper (coklat tua), earth (coklat muda), dan beige (krem). Identitas visual ini juga menggunakan supergrafis pattern berbentuk biji kopi dan daun alpukat. Langkah selanjutnya melakukan testing yang mendapatkan hasil bahwa perancangan ulang identitas visual Foca Kopi sudah sesuai dan menyelesaikan permasalahan yang dihadapi Foca Kopi.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 700 - Seni dan Rekreasi > 700 Seni, seni rupa, kesenian > 700 Seni, seni rupa, kesenian
700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Grafika dan Penerbitan > Desain Grafis D4
User ID Pengunggah: Tn Amir Rafi Fadhilah
Date Deposited: 27 Aug 2024 04:06
Last Modified: 27 Aug 2024 04:06
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/19413

Actions (login required)

View Item
View Item