PERANCANGAN BOARD GAME EDUKATIF “NYOK! KELILING JAKARTA” DI SDN SRENGSENG SAWAH 12 PAGI

2006421044, Shalsabila Rossa (2024) PERANCANGAN BOARD GAME EDUKATIF “NYOK! KELILING JAKARTA” DI SDN SRENGSENG SAWAH 12 PAGI. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan dan Penutup)
Halaman Identitas Skripsi.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Isi BAB 2, BAB 3, BAB 4] Text (Isi BAB 2, BAB 3, BAB 4)
BAB 2-4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (6MB)

Abstrak

Perkembangan board game di era saat ini dapat berperan dan dimanfaatkan sebagai media pembelajaran. Salah satu materi pembelajaran muatan lokal yang diajarkan oleh SDN Srengseng Sawah 12 Pagi, yaitu mata pelajaran PLBJ (Pembelajaran mengenai Lingkungan dan Budaya Jakarta) penting untuk peserta didik pelajari sebagai bentuk pelestarian terhadap kebudayaan dimana mereka bersekolah. SDN Srengseng Sawah 12 Pagi membutuhkan media pembelajaran yang interaktif, penyampaian materi pembelajaran yang disampaikan masih secara teoritis dan konvensional membuat suasana kelas menjadi kurang aktif dan interaktif. Tujuan dari penelitian ialah merancang board game edukatif “Nyok! Keliling Jakarta” yang diharapkan dapat menjadi sebuah media pembelajaran interaktif untuk SDN Srengseng Sawah 12 Pagi mengenai kebudayaan Jakarta, membangun karakter anak aktif serta menciptakan suasana menyenangkan saat belajar. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan metode perancangan design thinking dengan melalui proses mindmap, moodboard, sketsa, digitalisasi desain hingga menjadi final artwork. Perancangan menghasilkan board game dilengkapi dengan komponen-komponennya diantaranya, papan permainan, 6 buah pion karakter, dadu, 36 kartu, buku panduan permainan, dan kemasan. Dengan visualisasi style design board game yang ilustratif, playful serta dengan menerapkan elemen-elemen khas Jakarta, seperti elemen motif batik tumpal, ikon-ikon kota Jakarta, serta visualisasi desain karakter dan objek-objek yang berkaitan dengan Jakarta.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 700 - Seni dan Rekreasi > 700 Seni, seni rupa, kesenian > 700 Seni, seni rupa, kesenian
700 - Seni dan Rekreasi > 700 Seni, seni rupa, kesenian > 707 Pendidikan, penelitian, topik terkait bidang kesenian dan karya seni
700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif
700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 741 Gambar dan seni menggambar
700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 776 Seni komputer (seni digital)
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Grafika dan Penerbitan > Desain Grafis D4
User ID Pengunggah: Shalsabila Rossa
Date Deposited: 27 Aug 2024 03:47
Last Modified: 27 Aug 2024 03:47
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/19407

Actions (login required)

View Item
View Item