PENGARUH PERSEPSI MANFAAT DAN PERSEPSI KEAMANAN TERHADAP NIAT PERILAKU DALAM PENGGUNAAN QUICK RESPONSE INDONESIAN STANDARD (QRIS) (Studi Kasus Generasi Z Pengguna QRIS di Kota Depok)

Haryani, Yulia Tri (2024) PENGARUH PERSEPSI MANFAAT DAN PERSEPSI KEAMANAN TERHADAP NIAT PERILAKU DALAM PENGGUNAAN QUICK RESPONSE INDONESIAN STANDARD (QRIS) (Studi Kasus Generasi Z Pengguna QRIS di Kota Depok). Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

Warning
There is a more recent version of this item available.
[thumbnail of Judul Pendahuluan dan Penutup] Text (Judul Pendahuluan dan Penutup)
JudulPendahuluanDanPenutup.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 sd Bab 4] Text (Isi Bab 2 sd Bab 4)
IsiBab2sdBab4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (958kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) sebagai metode pembayaran digital di Indonesia. Latar belakang penelitian ini adalah adanya kemajuan teknologi yang mendorong perubahan dalam bidang bisnis, seperti pergeseran dari penjualan langsung ke penjualan online. Hal ini menyebabkan masyarakat, terutama generasi Z, menjadi terbiasa dengan transaksi keuangan digital. Teknologi pembayaran digital (cashless) menjadi bagian pentiing dari teknologi keuangan (fintech) di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) sebagai metode pembayaran digital di Indonesia. Penelitian ini menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) untuk menganalisis penerimaan dan penggunaan QRIS di kalangan pengguna. Data diperoleh dari studi literatur dan data sekunder terkait perkembangan QRIS di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa QRIS telah diterima dengan baik oleh masyarakat, terutama UMKM, sebagai metode pembayaran digital yang modern, cepat, mudah, aman, dan terpercaya. Hal ini terlihat dari peningkatan jumlah pengguna dan nilai transaksi QRIS yang signifikan di Indonesia.

Kata kunci: Pembayaran Digital, QRIS, TAM, Teknologi Keuangan.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 300 Ilmu sosial
300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi
300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Administrasi Bisnis > Administrasi Bisnis D4
User ID Pengunggah: Unnamed user with email yulia.triharyani.an20@mhsw.pnj.ac.id
Date Deposited: 10 Sep 2024 04:29
Last Modified: 05 Oct 2024 05:52
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/19310

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item
View Item