PENERAPAN UNSUR NILAI BERITA KONFLIK PADA BERITA DI KANAL EKONOMI OKEZONE.COM PERIODE 1-2 MEI 2024

Tesa, Meliana (2024) PENERAPAN UNSUR NILAI BERITA KONFLIK PADA BERITA DI KANAL EKONOMI OKEZONE.COM PERIODE 1-2 MEI 2024. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan, dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan, dan Penutup)
JudulPendahuluandanPenutup.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 sd Bab 4] Text (Isi Bab 2 sd Bab 4)
IsiBab2sdBab4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (12MB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan unsur nilai berita konflik pada berita di kanal Ekonomi Okezone.com selama periode 1-2 Mei 2024. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan observasional terhadap 10 sampel berita yang diambil secara acak dari total 110 berita yang diterbitkan selama periode tersebut. Analisis dilakukan dengan menggunakan empat kriteria utama dalam nilai berita konflik: pertentangan, politik, peperangan, dan kriminalitas.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 10 berita yang dianalisis, 9 berita mengandung unsur nilai berita konflik. Unsur politik merupakan kriteria yang paling dominan diterapkan, muncul dalam 7 berita dengan persentase 38,9%, diikuti oleh unsur pertentangan yang muncul dalam 5 berita (27,8%). Unsur peperangan dan kriminalitas masing-masing diterapkan dalam 1 berita. Penerapan nilai konflik pada berita terbukti memberikan daya tarik yang lebih tinggi bagi pembaca, terutama ketika berkaitan dengan isu-isu yang kontroversial atau melibatkan pendapat pro dan kontra.

Penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang strategi penerapan nilai berita konflik di media online, khususnya pada kanal ekonomi, dan dapat digunakan sebagai acuan bagi praktisi media dalam meningkatkan kualitas pemberitaan mereka.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 070 Media berita, jurnalisme dan penerbitan > 070 Media berita, jurnalisme dan penerbitan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Grafika dan Penerbitan > Penerbitan / Jurnalistik D3
User ID Pengunggah: Mahasiswa Meliana Tesa
Date Deposited: 23 Aug 2024 06:07
Last Modified: 23 Aug 2024 06:07
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/19309

Actions (login required)

View Item
View Item