ANALISA KINERJA PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA PIKO HIDRO SEBAGAI SUMBER PENERANGAN

Rasyid Lubis, Muhammad (2024) ANALISA KINERJA PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA PIKO HIDRO SEBAGAI SUMBER PENERANGAN. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Tugas Akhir] Text (Halaman Identitas Tugas Akhir)
Halaman Identitas Skripsi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Isi Tugas Akhir] Text (Isi Tugas Akhir)
Isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (15MB)
[thumbnail of Jurnal] Text (Jurnal)
Jurnal.pdf

Download (729kB)

Abstrak

Perkembangan dan kemajuan teknologi yang sangat pesat berdampak pada semakin bertambahnya kebutuhan sumber energi listrik. Salah satu kebutuhan yang sudah dianggap menjadi kebutuhan pokok masyarakat di dunia adalah energi listrik. Energi merupakan kebutuhan utama dalam kehidupan manusia dan kebutuhan energi khususnya energi listrik di Indonesia semakin meningkat karena hampir semua kegiatan yang dilakukan masyarakat yang membutuhkan energi listrik. Analisis kinerja Pembangkit Listrik Tenaga Piko hidro harus dipantau dengan baik untuk mengetahui berapa tegangan, arus, kecepatan putaran dan kapasitas baterai yang dihasilkan pada alat tersebut. Indonesia masih Indonesia masih memiliki ketergantungan yang tinggi pada produksi listrik dari Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) yang bahan bakarnya menggunakan batu bara. PLTU menyumbang lebih besar lagi sekitar 61%. Di segmen energi baru terbarukan, PLTA hanya menyumbang 5% dan PLTP hanya sekitar 2% dari produksi listrik dalam negeri. PLTPh tidak memerlukan modal yang banyak dan aliran air yang tidak begitu kuat membuat pembangunan PLTPh lebih mudah dari pembangkit listrik tenaga air lainnya. Dengan adanya PLTPh ini dapat memfaatkan aliran air yang terbuang percuma menjadi energi listrik dan dapat bermafaat bagi masyarakat memenuhi kebutuhan energi listrik masyarakat yang tidak terjangkau jaringan Listrik.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Teknik Listrik D3
User ID Pengunggah: Muhammad Rasyid Lubis
Date Deposited: 26 Aug 2024 07:03
Last Modified: 26 Aug 2024 07:03
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/19301

Actions (login required)

View Item
View Item