PENGARUH PERTUMBUHAN EKONOMI, SUKU BUNGA (BI RATE), NILAI TUKAR (KURS) DAN INFLASI TERHADAP HARGA SAHAM SEKTOR PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PADA TAHUN 2019-2023

2004421055, Chindy Khusuma Nur Fitri (2024) PENGARUH PERTUMBUHAN EKONOMI, SUKU BUNGA (BI RATE), NILAI TUKAR (KURS) DAN INFLASI TERHADAP HARGA SAHAM SEKTOR PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PADA TAHUN 2019-2023. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan, Penutup] Text (Judul, Pendahuluan, Penutup)
Halaman Identitas Skripsi - Chindy.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Bab 2 s/d Bab 4] Text (Bab 2 s/d Bab 4)
Isi (bab 2 sd bab 4) - Chindy.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal)] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal))
Artikel - Chindy.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (489kB)

Abstrak

Pengukuran tingkat kinerja saham suatu perusahaan yang diperdagangkan di bursa dapat dilihat dari harga sahamnya. Faktor Makroekonomi adalah salah satu faktor yang harus di pertimbangkan untuk melihat pergerakan harga saham suatu perusahaan ketika hendak berinvestasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Suku Bunga (BI Rate), Nilai Tukar (Kurs) dan Inflasi terhadap harga saham sektor Perbankan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan asosiatif dimana data diperoleh dari laman website Bank Indonesia, Yahoo Finance, dan Badan Pusat Statistik dengan pengambilan sektor perbankan pada periode 2019-2023. Populasi dari penelitian ini adalah 47 perusahaan sektor perbankan dengan menggunakan metode pengambilan sampel non probability sampling menghasilkan sampel penelitian sebanyak 10 perusahaan. Metode analisis data yang digunakan adalah metode regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkaan bahwa Suku Bunga (BI Rate) dan Nilai Tukar (Kurs) berpengaruh positif signifikan terhadap harga saham sedangkan Produk Domestik Bruto (PDB) dan Inflasi berpengaruh negatif signifikan terhadap harga saham secara parsial, dan makroekonomi (Produk Domestik Bruto (PDB), Suku Bunga (BI Rate), Nilai Tukar (Kurs) dan Inflasi) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap harga saham.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Keuangan dan Perbankan D4
User ID Pengunggah: Chindy Khusuma
Date Deposited: 04 Sep 2024 01:17
Last Modified: 04 Sep 2024 01:18
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/19294

Actions (login required)

View Item
View Item