Pengaruh Pengungkapan Environmental, Social, and Governance (ESG) Terhadap Efisiensi Investasi Pada Perusahaan Properti Subsektor Konstruksi dan Bangunan

2004441024, Inka Theresia Anatasya Br Pinem (2024) Pengaruh Pengungkapan Environmental, Social, and Governance (ESG) Terhadap Efisiensi Investasi Pada Perusahaan Properti Subsektor Konstruksi dan Bangunan. Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan dan Penutup)
Halaman Identitas Skripsi_2004441024_Inka Theresia Anatasya Br Pinem_MK 8A.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 sd Bab 4] Text (Isi Bab 2 sd Bab 4)
Isi Skripsi BAB 2-BAB 4_2004441024_Inka Theresia Anatasya Br Pinem_MK 8A.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (687kB)
[thumbnail of Manuskrip] Text (Manuskrip)
Manuskrip Artikel_2004441024_Inka Theresia Anatasya Br Pinem_MK 8A.pdf

Download (306kB)

Abstrak

Dalam era keberlanjutan dan tanggung jawab korporat, pengungkapan informasi Environmental, Social, and Governance (ESG) oleh perusahaan telah menjadi kunci penting terhadap praktik bisnis yang bertanggung jawab, juga berpotensi mempengaruhi keputusan investasi para stakeholder. Permasalahan yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah apakah pengungkapan ESG oleh perusahaan sektor properti subsektor konstruksi dan bangunan di BEI mempengaruhi efisiensi investasi dalam menghadapi tantangan seperti ketidakpastian dampak ESG, konsistensi dalam pengukuran dan pelaporan, biaya tinggi, kurangnya pemahaman manajemen tentang ESG, dan preferensi investor pada keuntungan jangka pendek. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengungkapan ESG terhadap efisiensi investasi di perusahaan properti subsektor konstruksi dan bangunan, menggunakan data dari laporan tahunan periode 2019-2023. Penelitian ini menggunakan purposive sampling sebagai metode pengambilan sampel dengan total sampel yang digunakan sebanyak 12 perusahaan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan tujuan untuk uji hipotesis menggunakan metode analisis regresi linier berganda. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa variabel environmental memiliki pengaruh negatif terhadap efisiensi investasi, variabel social memiliki pengaruh positif terhadap efisiensi investasi, dan variabel governance memiliki pengaruh negative terhadap efisiensi investasi. Secara simultan pengungkapan environmental, social, dan governance memiliki pengaruh positif terhadap efisiensi investasi.

Kata kunci: Pengungkapan Environmental, Social, and Governance (ESG), Efisiensi Investasi

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 300 Ilmu sosial
300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi
300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Manajemen Keuangan D4
User ID Pengunggah: Inka Theresia Anatasya Br Pinem
Date Deposited: 26 Aug 2024 07:02
Last Modified: 26 Aug 2024 07:02
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/19250

Actions (login required)

View Item
View Item