PENGARUH HERDING BIAS DAN PENGETAHUAN INVESTASI HIJAU TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI SAHAM PADA EMITEN DI BISNIS ENERGI BARU TERBARUKAN OLEH INVESTOR GENERASI Z DI DKI JAKARTA

2004441023, Angeline Diva Salsabila (2024) PENGARUH HERDING BIAS DAN PENGETAHUAN INVESTASI HIJAU TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI SAHAM PADA EMITEN DI BISNIS ENERGI BARU TERBARUKAN OLEH INVESTOR GENERASI Z DI DKI JAKARTA. Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman identitas dokumen skripsi] Text (Halaman identitas dokumen skripsi)
2004441023_Angeline Diva Salsabila_D4 Manajemen Keuangan_Halaman Identitas Skripsi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 2 s/d BAB 4 Isi Skripsi] Text (BAB 2 s/d BAB 4 Isi Skripsi)
2004441023_Angeline Diva Salsabila_D4 Manajemen Keuangan_Isi Skripsi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)
[thumbnail of Manuskrip artikel ilmiah] Text (Manuskrip artikel ilmiah)
2004441023_Angeline Diva Salsabila_D4 Manajemen Keuangan_Manuskrip Artikel Ilmiah.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (358kB)

Abstrak

Generasi Z memiliki kepedulian terhadap lingkungan, sehingga dapat berinvestasi saham pada perusahaan ramah lingkungan. Namun, mereka memiliki keraguan atas kemampuan analisis dan pengetahuan yang dimiliki untuk mengambil keputusan investasi, sehingga timbul perilaku herding bias. Keraguan tersebut disebabkan oleh kurangnya pengetahuan investasi hijau. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh herding bias dan pengetahuan investasi hijau terhadap keputusan investasi saham pada emiten di bisnis energi baru terbarukan oleh investor Generasi Z di DKI Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda. Penelitian ini menggunakan jenis non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Data penelitian diperoleh dari hasil jawaban pada kuesioner yang diisi oleh 150 responden dengan kriteria investor usia 21-27 tahun dan telah mempelajari investasi saham maupun investasi hijau. Berdasarkan hasil penelitian, herding bias tidak berpengaruh dan tidak signifikan, variabel pengetahuan investasi hijau berpengaruh signifikan, serta herding bias dan pengetahuan investasi hijau berpengaruh secara simultan terhadap keputusan investasi saham pada emiten di bisnis energi baru terbarukan. Penelitian ini diharapkan agar investor yakin terhadap kemampuan analisis investasi dan pengetahuan yang dimiliki agar herding bias dapat menjadi pendukung atas keputusan investasinya berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 300 Ilmu sosial
300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi
300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Manajemen Keuangan D4
User ID Pengunggah: Angeline Diva Salsabila
Date Deposited: 26 Aug 2024 07:02
Last Modified: 26 Aug 2024 07:02
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/19208

Actions (login required)

View Item
View Item