APLIKASI SENSOR TIPPING BUCKET PADA PERANCANGAN ALAT PENGUKUR CURAH HUJAN BERBASIS ESP32

2103321072, LUTHFY ARTHAULY FIRDAUS (2024) APLIKASI SENSOR TIPPING BUCKET PADA PERANCANGAN ALAT PENGUKUR CURAH HUJAN BERBASIS ESP32. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5)] Text (Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5))
Awal.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Isi (Bab 2 s/d 4)] Text (Isi (Bab 2 s/d 4))
BAB II - IV.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal)] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal))
Jurnal TA_Repository.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (781kB)

Abstrak

Abstrak. Kondisi cuaca sangat berpengaruh terhadap berbagai aktivitas, terutama dalam sektor pertanian. Dalam kondisi hujan lokal dan curah hujan yang tidak menentu, menjadi sulit untuk mengukur secara akurat dalam jangkauan area yang luas. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dan mengetahui nilai aktual kondisi curah hujan dalam satuan milimeter (mm). Melalui penelitian ini, diharapkan memperoleh data yang akurat dalam kondisi curah hujan yang terjadi. Metodologi yang digunakan rancang bangun sistem melibatkan penggunaan komponen ESP32, RealTime Clock (RTC), Sensor Hujan Tipping Bucket, dan hasil pengukuran tersebut ditampilkan dalam LCD, dengan sistem supply dari solar panel dan batterai. Data yang diperoleh dari pengukuran alat curah hujan, selanjutnya dikalibrasi menggunakan gelas ukur untuk memastikan akurasi pengukuran. Berdasarkan hasil penelitian pada alat curah hujan menunjukan tingkat kesalahan sebesar 0,1% dan hasil penelitian pada sistem supply bahwa solar panel mampu meningkatkan tegangan batterai sebesar 0,3 V dalam waktu 1 Jam penyinaran yang mana menunjukan efektivitas dalam mengisi daya.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Teknik Elektronika Industri D3
User ID Pengunggah: Luthfy Arthauly Firdaus
Date Deposited: 26 Aug 2024 00:25
Last Modified: 26 Aug 2024 00:25
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/19120

Actions (login required)

View Item
View Item