PENGEMBANGAN KEMASAN PRODUK PASIR DOLOMITE BERBASIS VALUE ENGINEERING

2006411021, Luthfiyyah Azhar (2024) PENGEMBANGAN KEMASAN PRODUK PASIR DOLOMITE BERBASIS VALUE ENGINEERING. Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Dokumen Skripsi] Text (Halaman Identitas Dokumen Skripsi)
Halaman Identitas_TA [Luthfiyyah Azhar] [TICK 8A].pdf

Download (18MB)
[thumbnail of BAB 2 s/d BAB 4 Isi Skripsi] Text (BAB 2 s/d BAB 4 Isi Skripsi)
ISI_TA [Luthfiyyah Azhar] [TICK 8A].pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (11MB) | Request a copy

Abstrak

Pasir dolomite adalah jenis pasir batu kapur yang mengandung kalsium sehingga cocok untuk digunakan sebagai alas bagi reptil, terutama leopard gecko. Salah satu perusahaan yang menjual pasir dolomite adalah PT Reptil Anak Bangsa. Namun, perusahaan ini masih menggunakan kemasan plastik yang mudah bocor untuk produk pasir dolomite mereka. Selain itu, kemasan tersebut belum memiliki label desain sehingga PT Reptil Anak Bangsa belum memiliki identitas merek yang jelas. Berdasarkan testimoni konsumen, sebanyak 70.3% berpendapat bahwa kemasan saat ini belum layak untuk produk pasir dolomite. Oleh karena itu, penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan kemasan pasir dolomite yang sesuai dengan keinginan dan persepsi konsumen menggunakan metode berbasis Value Engineering. Berdasarkan hasil perhitungan prioritas elemen kemasan yang dihasilkan adalah material kemasan dikembangkan (22.3%), kemasan dibuat ergonomis (16.3%), bentuk kemasan yang menarik (14.3%), ramah lingkungan (13.5%), label yang menarik (12.8%), ditambahkan desain kemasan (11.7%), serta adanya informasi keunggulan produk (9.0%). Kemasan alternatif ke-1 yang menjadi usulan terbaik dengan nilai value 0.0035. Alternatif ke-1 mempunyai spesifikasi kemasan berbentuk gusset pouch dengan material nylon dilaminasi glossy dengan ukuran 10x5x23cm yang memiliki desain full print.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Kata Kunci Uncontrolled: Pasir Dolomite, Pengembangan Kemasan, Value Engineering
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
Dokumen Internal PNJ
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Grafika dan Penerbitan > Teknologi Industri Cetak Kemasan D4
User ID Pengunggah: Luthfiyyah Azhar
Date Deposited: 27 Aug 2024 01:26
Last Modified: 27 Aug 2024 01:26
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/19051

Actions (login required)

View Item
View Item