PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK KEMAGNETAN FISIKA SMP KELAS IX

1907431022, Syifa Aulia (2024) PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK KEMAGNETAN FISIKA SMP KELAS IX. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Identitas Skripsi, Bab 1 Pendahuluan, dan Bab 5 Penutup] Text (Identitas Skripsi, Bab 1 Pendahuluan, dan Bab 5 Penutup)
1907431022_SYIFA AULIA_IDENTITAS SKRIPSI.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Isi (Bab 2 Tinjauan Pustaka, Bab 3 Metode Penelitian, Bab 4 Hasil dan Pembahasan)] Text (Isi (Bab 2 Tinjauan Pustaka, Bab 3 Metode Penelitian, Bab 4 Hasil dan Pembahasan))
1907431022_SYIFA_AULIA_ISI SKRIPSI.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (4MB)
[thumbnail of Jurnal Penelitian Skripsi] Text (Jurnal Penelitian Skripsi)
Syifa Aulia_1907431022_JurnalSkripsi.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (669kB)

Abstrak

Kesulitan dalam memahami fisika dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) khususnya kemagnetan merupakan masalah yang sedang dialami oleh siswa sekolah menengah pertama negeri (SMPN) 182 Jakarta. Sebagian besar media pembelajaran yang digunakan di sekolah masih berupa media tulis atau cetak, sehingga pemanfaatan media tersebut belum optimal sebagai media ajar. Oleh karena itu, dibuatlah media pembelajaran interaktif yang berisi elemen multimedia, untuk menambah minat siswa belajar. Media pembelajaran interaktif ini dibuat untuk membantu siswa melakukan praktikum kemagnetan melalui simulasi. Tidak hanya itu, terdapat pula animasi dua dimensi sebagai visualisasi materi teori kemagnetan di dalam media pembelajaran. Seluruh pembuatan media pembelajaran menggunakan metode Multimedia Development Cycle (MDLC) yang dikembangkan oleh Luther dan Sutopo. Media pembelajaran interaktif dibuat menggunakan Unity, dengan konten animasi dibuat menggunakan OpenToonz dan Adobe After Effects, kemudian dikomposisikan dengan Adobe Premiere Pro. Dari perancangan ini, dihasilkan aplikasi media pembelajaran interaktif yang berisi materi kemagnetan mata pelajaran IPA kelas IX SMP. 94,06 persen dari 33 siswa kelas IX SMPN 182 Jakarta menyatakan bahwa aplikasi dapat meningkatkan minat belajar siswa, dan 94,22 persen dari 3 guru IPA SMPN 182 Jakarta menyatakan aplikasi dapat diterapkan sebagai media pembelajaran siswa.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
500 – Ilmu Pengetahuan > 500 Ilmu pengetahuan > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
500 – Ilmu Pengetahuan > 530 Fisika > 538 Magnetisme
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Multimedia Digital D4
User ID Pengunggah: Syifa Aulia
Date Deposited: 22 Aug 2024 02:15
Last Modified: 22 Aug 2024 02:15
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/19040

Actions (login required)

View Item
View Item