RANCANG BANGUN SISTEM SMART DOOR LOCK DENGAN METODE FINGERPRINT DAN RFID SEBAGAI EMERGENCY BERBASIS ARDUINO DAN IoT PADA BENGKEL ELEKTRONIKA INDUSTRI

2103321069, Fatimatuz Zahra (2024) RANCANG BANGUN SISTEM SMART DOOR LOCK DENGAN METODE FINGERPRINT DAN RFID SEBAGAI EMERGENCY BERBASIS ARDUINO DAN IoT PADA BENGKEL ELEKTRONIKA INDUSTRI. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of COVER BAB 1-BAB 5.pdf] Text
COVER BAB 1-BAB 5.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of FILE BAB 2- BAB 4.pdf] Text
FILE BAB 2- BAB 4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of artikel ilmiah faza.pdf] Text
artikel ilmiah faza.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (648kB)

Abstrak

Kualitas keamanan pada suatu ruangan mengambil peran penting untuk mencegah terjadinya kejahatan, maka dari itu kita perlu meningkatkan keamanan dengan merancang dan juga membangun sebuah sistem Pintu Pintar atau dikenal dengan nama Smart Door Lock. Sistem ini dibangun menggunakan metode Fingerprint, password dan RFID berbasis IoT dan Arduino, namun setelah melakukan penelitian ternyata sistem tidak selalu bisa berjalan dengan baik. Oleh karena itu, diperlukannya pengolahan sistem dengan cara membuat emergency sistem pada Smart Door Lock. Solusi yang digunakan disaat keduanya tidak befungsi adalah civitas bisa menempelkan kartu pada sensor RFID pada sistem Smart Door Lock, kartu tersebut hanya bisa diakses oleh orang-orang yang kartunya sudah terdaftar pada sensor RFID yang dimana verfikasi katu tersebut berbentuk UID kartu RFID.
Pengunaan IoT juga memiliki peran penting dalam pengolahan sistem Smart Door Lock ini, yang dimana IoT memiliki peran sebagai pengolah untuk membantu pengiriman notifikasi ke aplikasi yang digunakan. Notifikasi tersebut berupa akses terdaftar pintu terbuka atau akses tidak terdaftar pintu tetap tertutup, fungsi dari pengolahan notifikasi ini ialah memudahkan kepala ruangan tersebut mengetahui siapa saja yang mengakses pintu ruangan tersebut. Maka dari itu kepala ruangan tersebut bisa mengamati apakah ada orang asing yang mencoba akses pintu ruangan tersebut atau tidak.
Kesimpulan yang diambil dari pengujian ini adalah bahwa kedua sistem utama (Fingerprint dan Password) bisa dibilang sempurna atau bekerja secara efektif bisa dibuktikan dari hasil pengujian yang telah dilakukan, namun pada notifikasi IoT mengalami delay atau bisa dikatakan belum berjalan dengan sempurna.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Teknik Elektronika Industri D3
User ID Pengunggah: Fatimatuz Zahra
Date Deposited: 26 Aug 2024 03:21
Last Modified: 26 Aug 2024 03:21
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/18989

Actions (login required)

View Item
View Item