Perancangan Modul Latih Pneumatic Gripper Pada Arm Robot Menggunakan Dobot Magician Sebagai Media Pembelajaran

2103321041, Faiz Nurrahman (2024) Perancangan Modul Latih Pneumatic Gripper Pada Arm Robot Menggunakan Dobot Magician Sebagai Media Pembelajaran. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

Warning
There is a more recent version of this item available.
[thumbnail of Halaman Identitas] Text (Halaman Identitas)
Halaman Identitas.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Bab 2 - 4] Text (Bab 2 - 4)
BAB 2-4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Jurnal] Text (Jurnal)
Draft Artikel Ilmiah_Faiz Nurrahman.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (249kB)

Abstrak

Salah satu sistem kendali yang kini tengah berkembang pesat dan digunakan dalam skala besar pada perindustrian yaitu lengan robot. Lengan robot telah berkembang memiliki end effector tambahan untuk mencengkeram. Keahlian dan keterampilan praktis dalam mengoperasikan lengan robot diperlukan agar mahasiswa memiliki pengetahuan yang selaras dengan perkembangan industri. Robot Dobot Magician
memiliki banyak keunggulan sebagai media latih mahasiswa dalam mengoperasikan lengan robot. Robot ini memiliki 4 sumbu pergerakan (axis) dimana sumbu pertama berupa sumbu dasar yang dapat berotasi dalam 240 derajat, sumbu kedua merupakan fungsi robot untuk menarik ke arah belakang, sumbu ketiga untuk menarik ke arah bawah dan sumbu keempat berupa servo yang dapat berotasi hingga 360 derajat. Namun, belum ada modul pelatihan yang dapat membantu proses pembelajaran mahasiswa dalam memahami konsep dan kompleksitas teknis yang terlibat pada Dobot Magician. Penelitian ini bertujuan untuk membuat modul pelatihan Dobot Magician yang memungkinkan mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan pemrograman dan mengoptimalkan penggunaan gripper. Mahasiswa diajarkan cara mengatur posisi gripper, kecepatan, dan koordinasi gerakan. Pengujian dilakukan dengan menguji performa pneumatic gripper pada berbagai ratio kecepatan (10 persen, 50 persen, dan 100 persen). Hasil pengujian menunjukkan bahwa semakin tinggi nilai ratio kecepatan, maka semakin efisien waktu yang dibutuhkan untuk manipulasi objek. Dengan modul latih, mahasiswa dapat memahami cara mengatur posisi, kecepatan, dan koordinasi gerakan gripper dalam melakukan fungsi pick and place menggunakan gripper.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Teknik Elektronika Industri D3
User ID Pengunggah: Faiz Nurrahman
Date Deposited: 20 Aug 2024 01:02
Last Modified: 20 Aug 2024 01:02
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/18916

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item
View Item