ANALISIS KAPASITAS PILAR SEBAGAI AKIBAT TERJADINYA PERUBAHAN ELEVASI LANTAI JEMBATAN

2001411012, Jericko Wangka Lubis (2024) ANALISIS KAPASITAS PILAR SEBAGAI AKIBAT TERJADINYA PERUBAHAN ELEVASI LANTAI JEMBATAN. D4 thesis, POLITEKNIK NEGERI JAKARTA.

[thumbnail of SKRIPSI_BAGIAN KELENGKAPAN AWAL, BAB 1 DAN BAB 5, DAFTAR PUSTAKA_JERICKO WANGKA LUBIS.pdf] Text
SKRIPSI_BAGIAN KELENGKAPAN AWAL, BAB 1 DAN BAB 5, DAFTAR PUSTAKA_JERICKO WANGKA LUBIS.pdf

Download (835kB)
[thumbnail of SKRIPSI_ABSTRAK, BAB II - BAB IV, LAMPIRAN FULL_JERICKO WANGKA LUBIS.pdf] Text
SKRIPSI_ABSTRAK, BAB II - BAB IV, LAMPIRAN FULL_JERICKO WANGKA LUBIS.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (12MB)

Abstrak

Pada tahun 2023 telah dilakukan perencanaan sebuah jembatan pada proyek Jalan Tol XX arah Jakarta-Cikampek. Tinggi ruang bebas vertikal rencana jembatan hanya 3,4 meter. Namun berdasarkan berita acara 27 Desember 2023, tinggi ruang bebas vertikal jembatan harus 5,1 meter sehingga elevasi lantai jembatan harus di naikkan setinggi 1,7 meter. Akibat dari kenaikan lantai jembatan, pilar P4 kiri harus dinaikkan setinggi 1,55 meter. Analisis dilakukan untuk mendapatkan kepastian apakah pilar jembatan masih layan atau tidak setelah mengalami perubahan tinggi 1,55 meter. Hasil analisis menunjukkan bahwa dimensi pilar P4 kiri masih dalam kondisi tidak overstress ketika dinaikkan 1,55 meter, akan tetapi terjadi peningkatan luas tulangan perlu pada elemen pilar sebesar 42,31%, tulangan geser tengah pilar arah x dan y sebesar 100%, serat bawah pilecap arah y sebesar 11,11% dan tulangan geser arah y sebesar 21,21%. Selain itu, berdasarkan hasil analisis daya dukung pondasi didapatkan bahwa pondasi eksisting tidak dapat memikul beban yang bekerja sehingga perlu dilakukan penambahan jumlah boredpile sebanyak 4 buah dengan diameter 1,2 meter dan panjang 36 meter. Setalah dilakukan penanganan terhadap daya dukung pondasi di dapatkan hasil daya dukung izin tiang tunggal sebesar 6481,1 kN, daya dukung lateral izin sebesar 8445,26 kN dan daya dukung izin tiang grup sebesar 106167,5kN. Sedangkan reaksi yang terjadi untuk tiang tunggal sebesar 6151,3 kN, reaksi lateral terbesar sebesar 5894,1211 kN dan reaksi tiang grup sebesar 66068,1 kN.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 624 Teknik sipil
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Sipil > Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan D4
User ID Pengunggah: Jericko Wangka Lubis
Date Deposited: 20 Aug 2024 01:31
Last Modified: 20 Aug 2024 01:31
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/18900

Actions (login required)

View Item
View Item