PEMBUATAN SISTEM INFORMASI BOOKING GELANGGANG OLAHRAGA BERBASIS ANDROID

Romiz, Ahmad (2021) PEMBUATAN SISTEM INFORMASI BOOKING GELANGGANG OLAHRAGA BERBASIS ANDROID. Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Dokumen Skripsi] Text (Halaman Identitas Dokumen Skripsi)
4817090042_Ahmad_Romiz_Identitas_Skripsi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 2 s/d BAB 4 Isi Skripsi] Text (BAB 2 s/d BAB 4 Isi Skripsi)
4817090042_Ahmad_Romiz_Isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Manuskrip artikel ilmiah] Text (Manuskrip artikel ilmiah)
4817090042_Ahmad_Romiz_Jurnal.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (860kB)

Abstrak

Olahraga merupakan kegiatan yang bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun. Olahraga bisa juga dilakukan di tempat tertutup seperti gelanggang olahraga. Gelanggang olahraga merupakan sebuah tempat seperti gedung untuk melakukan aktivitas berolahraga. Semua gelanggang olahraga pada umumya masih menggunakan sistem secara manual. Sebagian besar pengguna gelanggang olahraga merasa sistem booking manual kurang efektif, dan menurut 32 responden dari hasil kuesioner menyatakan bahwa mereka setuju diperlukannya sistem booking menggunakan aplikasi berbasis mobile. Sedangkan menurut penyelenggara gelanggang olahraga yang masih aktif beroperasi di daerah Beji, Depok, sistem booking manual melalui datang langsung sudah cukup efektif, tetapi jika pelanggan melakukan booking melalui telepon mereka sedikit kesulitan saat ingin melakukan poses pembayaran uang muka, karena itu mereka mengharapkan adanya aplikasi yang mempermudah proses tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari solusi agar dapat memecahkan masalah pada metode penyewaan lapangan yang masih manual. Aplikasi ini dibuat menggunakan metode pengembangan throw-away prototype sehingga proses pembuatan aplikasi ini terdata secara urut dan rapih. Aplikasi ini menyediakan fitur sewa lapangan bagi para calon pelanggan, serta memudahkan dalam pengolahan data sewa lapangan bagi pemilik lapangan. Untuk membuktikan bahwa aplikasi diterima end user, maka dilakukan user acceptance test menggunakan System Usability Scale (SUS). Didapat bahwa aplikasi mendapatkan nilai 73,3 dan termasuk dalam kategori ‘Good’ dalam Adjective Rating Scale, yang berarti aplikasi ini berhasil memenuhi standar kebergunaan oleh pengguna

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Informatika D4
User ID Pengunggah: S.Tr.Kom Ahmad Romiz Ilhamy
Date Deposited: 08 Sep 2021 09:13
Last Modified: 08 Sep 2021 09:13
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/1875

Actions (login required)

View Item
View Item