ANALISIS PENGARUH PERSEPSI RISIKO TERHADAP MINAT PENGGUNAAN SHOPEEPAYLATER DI PULAU JAWA PADA MASA PANDEMI COVID-19

4417040040, Martha Rista (2021) ANALISIS PENGARUH PERSEPSI RISIKO TERHADAP MINAT PENGGUNAAN SHOPEEPAYLATER DI PULAU JAWA PADA MASA PANDEMI COVID-19. Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan, dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan, dan Penutup)
Skripsi Martha Rista_BKT8B_Bab 1 dan 5.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 sampai dengan Bab 4] Text (Isi Bab 2 sampai dengan Bab 4)
Skripsi Martha Rista Bab 2-4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (931kB)
[thumbnail of Manuskrip] Text (Manuskrip)
Artikel SemHas_Martha Rista_4417040040_BKT8B.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (400kB)

Abstrak

Perkembangan teknologi semakin lama sudah semakin canggih, dimana segala aktivitas mayoritas sudah menggunakan teknologi digital. Termasuk dalam bertransaksi dan metode pembayaran yang sudah memanfaatkan teknologi tersebut. Shopeepaylater merupakan salah satu metode pembayaran masa kini yang dilakukan setelah pembelian, atau dikenal dengan istilah “Buy Now Pay Later”, dimana para pengguna dapat mencicil suatu produk dengan tenor tertentu tanpa menggunakan kartu, dengan tujuan memudahkan penggunaannya dalam memenuhi setiap keperluan hidupnya. Disamping segala kemudahan yang diberikan, dianjurkan untuk para pengguna lebih berhati-hati dan memahami risiko-risiko yang mungkin terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh persepsi risiko terhadap minat dalam menggunakan shopeepaylater. Kriteria sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengguna shopeepaylater di wilayah Pulau Jawa berusia 21-30 tahun di tahun 2020. Data penelitian ini menggunakan 97 kuesioner yang diisi oleh pengguna yang sesuai dengan kriteria tersebut. Alat analisis yang digunakan untuk penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menemukan bahwa persepsi risiko waktu berpengaruh positif, persepsi risiko keuangan berpengaruh negatif, dan seluruh indikator persepsi risiko berpengaruh sebesar 26,01% terhadap minat penggunaan shopeepaylater di masa pandemi covid-19.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 304 Faktor yang mempengaruhi perilaku sosial
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Keuangan dan Perbankan D4
User ID Pengunggah: Martha Rista
Date Deposited: 16 Sep 2021 02:57
Last Modified: 16 Sep 2021 02:57
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/1866

Actions (login required)

View Item
View Item