PENERAPAN KAIDAH PENULISAN JUDUL BERITA DI SUB-KANAL INTERNASIONAL OKEZONE.COM PERIODE MARET 2024

2106321100, Ludwina Andhara Herawati (2024) PENERAPAN KAIDAH PENULISAN JUDUL BERITA DI SUB-KANAL INTERNASIONAL OKEZONE.COM PERIODE MARET 2024. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Isi dari Bab 2-4] Text (Isi dari Bab 2-4)
BAB 2-4 PENERAPAN KAIDAH PENULISAN JUDUL BERITA DI SUB-KANAL INTERNASIONAL OKEZONE.COM PERIODE MARET 2024.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)
[thumbnail of Judul, Pendahuluan, dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan, dan Penutup)
Judul, Pendahuluan, dan Penutup PENERAPAN KAIDAH PENULISAN JUDUL BERITA DI SUB-KANAL INTERNASIONAL PERIODE MARET 2024.pdf

Download (963kB)

Abstrak

Judul berita yang baik harus memiliki daya tarik dan minat pembaca, serta memiliki karakter yang lebih besar daripada isi berita. Hal ini dikarenakan judul memberikan suatu identitas pada berita tersebut. Bisa disimpulkan bahwa isi berita tidak akan bermakna dan berarti jika tanpa judul, yang menjadi inti dari komunikasi. Judul adalah bagian terpenting dalam sebuah informasi. Dikarenakan judul menjadi penentu ketertarikan minat pembaca, maka penulisannya harus dilakukan secara singkat, menarik, padat, serta menggambarkan isi informasi yang akan disajikan.

Namun kenyataannya penulisan judul berita, terutama pada media online, tidak sesuai dan tidak menerapkan kaidah penulisan judul berita yang baik. Kaidah penulisan berita tersebut antara lain (1) jumlah kata tidak lebih dari 4-7 kata, (2) menggunakan kalimat aktif, (3) menggunakan huruf kapital di setiap kata, (4) tidak diawali dengan kata kerja, (5) menyebut sumber jika mengandung opini kontroversi, dan (6) menghindari judul bermakna ambigu.

Melalui penelitian ini penulis ingin mengetahui, apakah berita di sub-kanal Internasional Okezone.com telah menerapkan kaidah dalam menuliskan judul berita.

Penelitian ditulis dengan metode deskriptif, dengan mengumpulkan data melalui studi pustaka dan observasi. Untuk menentukan kriteria analisis, penulis menggunakan metode Random Sampling, agar dapat dipilih secara acak dan tidak bias dari total populasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penulisan judul berita di sub-kanal Internasional Okezone.com belum sepenuhnya menerapkan kaidah penulisan judul berita. Pernyataan tersebut bisa dilihat pada hasil analisis dari 15 judul berita, yang tidak menerapkan kaidah penulisan judul.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 070 Media berita, jurnalisme dan penerbitan > 070 Media berita, jurnalisme dan penerbitan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Grafika dan Penerbitan > Penerbitan / Jurnalistik D3
User ID Pengunggah: Ludwina Andhara Herawati
Date Deposited: 14 Aug 2024 05:42
Last Modified: 14 Aug 2024 05:42
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/18467

Actions (login required)

View Item
View Item