4417030011, Miranda Ratri Pangestu (2021) ANALISIS PERBANDINGAN BIAYA SATUAN PENDIDIKAN BERDASARKAN CONVENTIONAL COSTING DAN ACTIVITY BASED COSTING PADA SMP IT AL-QUR’ANIYYAH. Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
Judul, Pendahuluan, Penutup.pdf
Download (1MB)
Isi Bab2 s.d Bab4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (2MB)
Manuskrip Artikel Ilmiah.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori
Download (522kB)
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan perhitungan biaya satuan pendidikan dengan Conventional Costing, menghitung biaya satuan pendidikan menggunakan Activity Based Costing dan mengetahui perbedaan hasil perhitungan biaya satuan pendidikan di SMP IT Al-Qur’aniyyah Tahun Ajaran 2020/2021 antara Conventional Costing dengan Activity Based Costing. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif. Obyek dalam penelitian ini adalah biaya satuan pendidikan (unit cost) siswa SMP IT Al-Qur’aniyyah Tahun Ajaran 2020/2021. Subyek penelitian ini yaitu SMP IT Al-Qur’aniyyah yang belum menerapkan metode ABC dalam perhitungan biaya satuan pendidikan siswa. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang didapatkan dari wawancara dengan kepala sekolah serta staf tata usaha bagian keuangan dan data sekunder yang didapatkan dari dokumentasi berupa data Rencana Anggaran dan Pendapatan Belanja Sekolah (RAPBS) Tahun Ajaran 2020/2021 dan data pendukung lainnya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhitungan biaya satuan pendidikan berdasarkan Conventional Costing dengan Activity Based Costing terdapat perbedaan selisih positif (overcosting) yang artinya hasil perhitungan dengan metode konvensional lebih tinggi dari perhitungan metode ABC dan selisih negatif (undercosting) yang artinya hasil perhitungan dengan metode konvensional lebih rendah dibanding perhitungan metode ABC. Selisih tersebut muncul disebabkan karena adanya ketidaktepatan pembebanan biaya pengeluaran. Dalam Conventional Costing, biaya dibebankan langsung secara rata ke seluruh jumlah siswa menyebabkan terjadinya subsidi silang biaya pendidikan antar tingkat kelas. Sedangkan dalam Activity Based Costing, biaya aktivitas tidak langsung dibebankan dengan cost driver yang bervariasi sesuai dengan karakteristik biaya tersebut.
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya) |
---|---|
Subjek: | 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 336 Keuangan publik 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 657 Akuntansi |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Akuntansi > Akuntansi D4 |
User ID Pengunggah: | Miranda Ratri Pangestu |
Date Deposited: | 09 Sep 2021 07:51 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 07:51 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/1842 |