PEMBUATAN ANIMASI 2D SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA VIRTUAL STUDIO

2007431009, Alfira Shafa Violetta (2024) PEMBUATAN ANIMASI 2D SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA VIRTUAL STUDIO. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5)] Text (Halaman Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5))
Skripsi_Alfira Shafa Violetta_Halaman Identitass.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of BAB 2 Tinjauan Pustaka] Text (BAB 2 Tinjauan Pustaka)
bab 2 - bab 4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)
[thumbnail of Jurnal Multinetics] Text (Jurnal Multinetics)
jurnal alfira shafa violetta revisi.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (659kB)

Abstrak

Dalam era digital yang berkembang, teknologi memainkan peran penting dalam pendidikan dengan memfasilitasi inovasi dalam media pembelajaran. Media pembelajaran yang menarik, seperti animasi, dapat memperkaya pengalaman belajar dan membantu mahasiswa memahami konsep yang kompleks. Namun, alat pengembangan animasi di Program Studi Teknik Multimedia Digital belum memadai, dan birokrasi yang sulit menghambat pembaruan teknologi. Kondisi ini menjadi perhatian karena salah satu dari profil lulusan yang diharapkan menjadi animator. Oleh karena itu diperlukan adanya upaya untuk memastikan mahasiswa dapat memperoleh informasi yang memadai terkait proses pembuatan animasi dan kebutuhan peralatan yang sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini. Berdasarkan wawancara dengan dosen, diperlukan adanya simulasi virtual studio animasi untuk memberikan pembelajaran yang lebih interaktif. Penelitian ini bertujuan mengembangkan sebuah studio animasi virtual, untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dalam animasi. Dengan metode Villamil-Monila, penelitian ini menghasilkan tiga video animasi 2D yang mencakup pengenalan Faradox Studio, tahapan animasi, dan macam-macam animasi, yang telah diuji oleh ahli animasi dan pemangku kepentingan di Jurusan Teknik Informatika dan Komputer. Hasil uji beta menunjukkan bahwa video ini efektif dalam mendukung Mata Kuliah Prinsip dan Perancangan Animasi. Dengan tingkat persetujuan sebesar 80,5% dari responden, dapat disimpulkan bahwa video animasi 2D di Faradox Studio bermanfaat dalam memahami proses produksi animasi.

Kata Kunci: Animasi 2D, Media Pembelajaran, Metode Villamil-Monila, Pendidikan.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Multimedia Digital D4
User ID Pengunggah: Str Alfira Shafa Violetta
Date Deposited: 16 Aug 2024 02:16
Last Modified: 16 Aug 2024 02:16
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/18411

Actions (login required)

View Item
View Item