PEMBUATAN VIRTUAL REALITY STUDIO ANIMASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF

2007431024, Ridho Aldinias (2024) PEMBUATAN VIRTUAL REALITY STUDIO ANIMASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan, Penutup] Text (Judul, Pendahuluan, Penutup)
Halaman Identitas Skripsi.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Bab 2 s/d Bab 4] Text (Bab 2 s/d Bab 4)
Isi Bab 2-4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal)] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal))
Jurnal Pembuatan Virtual Reality Studio Animasi Sebagai Media Pembelajaran Interaktif.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (714kB) | Request a copy

Abstrak

Sebagai institusi pendidikan tinggi vokasi, Politeknik Negeri Jakarta menghadapi tantangan dalam menyediakan studio animasi berteknologi terbaru. Kendala tersebut disebabkan oleh proses birokrasi yang kompleks dan biaya yang tinggi. Ketiadaan fasilitas ini menjadi penghambat proses pembelajaran, khususnya dalam mata kuliah Prinsip & Perancangan Animasi pada program studi Teknik Multimedia Digital. Kondisi ini menjadi perhatian karena salah satu profil lulusan dari Program Studi Teknik Multimedia Digital adalah menjadi animator, namun capaian pembelajaran animasi masih belum maksimal. Pernyataan tersebut didukung oleh data hasil survey ke beberapa mahasiswa Program Studi Teknik Multimedia Digital di semester dua yang menyatakan bahwa mereka kesulitan dalam memahami proses pembuatan animasi. Berdasarkan wawancara dengan dosen pengampu mata kuliah tersebut, diperlukan simulasi virtual agar mahasiswa mendapatkan pembelajaran interaktif tentang studio animasi dan tahapan pembuatan animasi. Untuk mengatasi masalah ini, dikembangkan Virtual Studio Animasi Faradox menggunakan Unity sebagai pembelajaran interaktif dengan perangkat VR Oculus Quest 2. Pengguna dapat berinteraksi dalam membuat storyboard, animasi frame by frame, animasi stop motion, dan merekam audio. Penelitian ini menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Aplikasi diuji dan dinyatakan layak sebagai media pembelajaran interaktif dengan tingkat keberhasilan antara 84,35% hingga 90,38%, tanpa efek samping seperti pusing atau mual pada responden.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Kata Kunci Uncontrolled: Oculus, simulasi virtual, studio animasi, Unity, Virtual Reality.
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Multimedia Digital D4
User ID Pengunggah: Ridho Aldinias
Date Deposited: 19 Aug 2024 03:34
Last Modified: 19 Aug 2024 03:34
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/18409

Actions (login required)

View Item
View Item