PEMBUATAN USER INTERFACE DAN ASET PADA VIRTUAL STUDIO ANIMASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF

2007431023, Fadhil Fathin Erlanto (2024) PEMBUATAN USER INTERFACE DAN ASET PADA VIRTUAL STUDIO ANIMASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5)] Text (Halaman Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5))
Skripsi_Fadhil Fathin Erlanto_Halaman Identitas.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of Bab 2 Tinjauan Pustaka, Bab 3 Metode Penelitian, dan Bab 4 Hasil dan Pembahasan] Text (Bab 2 Tinjauan Pustaka, Bab 3 Metode Penelitian, dan Bab 4 Hasil dan Pembahasan)
Skripsi_Fadhil Fathin Erlanto_Isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (4MB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah)
Jurnal Multinetics_Fadhil Fathin Erlanto_2007431023_TMD 8A.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (1MB)

Abstrak

Kegiatan belajar mengajar pada mata kuliah prinsip dan perancangan animasi di Jurusan TIK Politeknik Negeri Jakarta masih memiliki kendala, yakni belum tersedianya ruang studio animasi sebagai tempat praktikum. Hal ini didasarkan oleh pernyataan salah satu dosen pengampu mata kuliah prinsip dan perancangan animasi yang menjelaskan bahwa pembelajaran masih belum optimal dengan minimnya peralatan penunjang animasi. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan tersebut dengan menghadirkan media pembelajaran yang lebih interaktif melalui teknologi Virtual Reality. Dengan menggunakan virtual reality, dapat memungkinkan untuk dibuatnya sebuah virtual studio animasi sebagai media pembelajaran tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan bagi Jurusan. Pada perancangan sebuah virtual studio animasi yang diberi nama Faradox Studio sebagai media pembelajaran interaktif, diperlukan beberapa aset 3D, aset animasi dan user interface untuk mengisi konten di dalam aplikasi tersebut. Pembuatan aset dan user interface ini menggunakan dua metode, yaitu Multimedia Development Life Cycle (MDLC) pada perancangan produk multimedia dan User Centered Design (UCD) untuk evaluasi user interface. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu aset 3D berupa alat-alat penunjang animasi, aset animasi, dan user interface sebagai antarmuka interaksi bagi pengguna. Berdasarkan pengujian beta testing yang telah dilakukan bersama pengguna akhir yaitu mahasiswa sebanyak 50 responden, didapati hasil penilaian sebesar 83,4% yang artinya sangat setuju bahwa aset dan user interface sudah layak untuk dijadikan sebuah media pembelajaran interaktif.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Multimedia Digital D4
User ID Pengunggah: Fadhil Fathin Erlanto
Date Deposited: 15 Aug 2024 08:43
Last Modified: 15 Aug 2024 08:43
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/18406

Actions (login required)

View Item
View Item