ANALISIS PENGARUH MANAJEMEN KOMUNIKASI TERHADAP KINERJA BIAYA PADA PROYEK PEMBANGUNAN RSPON JAKARTA

2001421040, Nur Halisyah Larasaty (2024) ANALISIS PENGARUH MANAJEMEN KOMUNIKASI TERHADAP KINERJA BIAYA PADA PROYEK PEMBANGUNAN RSPON JAKARTA. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, BAB I, BAB V] Text (Judul, BAB I, BAB V)
1_Nur Halisyah Larasaty_FIXX UPLOAD GASS.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak, BAB II - BAB IV, Lampiran] Text (Abstrak, BAB II - BAB IV, Lampiran)
2_Nur Halisyah Larasaty_FIXX UPLOAD GASS.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (9MB)

Abstrak

Industri konstruksi menjadi salah satu yang berperan dalam perekonomian dan keberlangsungan negara. Sementara pembengkakan biaya pada proyek dapat menyebabkan berbagai masalah. Oleh karena itu, pentingnya komunikasi dalam konstruksi akan mempengaruhi kinerja proyek, salah satunya kinerja biaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi komunikasi terhadap pelaksanaan proyek; (2) menganalisis kinerja biaya pada pelaksanaan proyek; dan (3) mengidentifikasi pengaruh komunikasi terhadap kinerja proyek. Dalam penilitian ini, analisis dilakukan dengan menggunakan Relative Importance Index untuk mengetahui faktor-faktor yang paling berpengaruh terhadap komunikasi proyek, sedangkan untuk menganalisis kinerja biaya pada pelaksanaan proyek digunakan metode earned value analysis. Analisis regresi linear sederhana dilakukan untuk mengidentifikasi pengaruh komunikasi terhadap kinerja biaya proyek. Data penelitian diperoleh dari hasil pengamatan dan kuesioner yang diisi oleh 32 responden dari karyawan kontraktor dan konsultan yang tengah bekerja dalam lingkungan proyek yang menjadi objek penelitian. Berdasarkan nilai tertinggi dari hasil perhitungan Relative Importance Index didapatkan 10 faktor utama yang mempengaruhi komunikasi proyek. Diketahui dari hasil earned value analysis, biaya yang dikeluarkan lebih hemat dari anggaran rencana. Berdasarkan model regresi linear sederhana, terdapat hubungan positif yang signifikan antara manajemen komunikasi proyek dengan kinerja biaya dengan nilai koefisien determinasi sebesar 18,1%.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 624 Teknik sipil
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 652 Proses komunikasi tertulis
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 658 Manajemen umum
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 690 Pembangunan gedung > 690 Pembangunan gedung
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 690 Pembangunan gedung > 698 Penyelesaian dan tahap akhir teknik bangunan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Sipil > Konstruksi Gedung D4
User ID Pengunggah: Nur Halisyah Larasaty
Date Deposited: 09 Aug 2024 06:11
Last Modified: 09 Aug 2024 06:11
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/18270

Actions (login required)

View Item
View Item