RELEVANSI ISI JUDUL DENGAN TERAS BERITA DALAM KANAL POLITIK DI MERDEKA.COM PERIODE APRIL 2024

2106321022, Muhammadf Fhandra Hardiyon (2024) RELEVANSI ISI JUDUL DENGAN TERAS BERITA DALAM KANAL POLITIK DI MERDEKA.COM PERIODE APRIL 2024. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Bab I, dan Penutup] Text (Judul, Bab I, dan Penutup)
COVER-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Isi Bab II sampai Bab IV] Text (Isi Bab II sampai Bab IV)
BAB 2-4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (10MB)

Abstrak

Revolusi industri 4.0 tentu berdampak pada penyebaran arus media informasi dan pemberitaan melalui media daring atau online. Di era digitalisasi sekarang ini, informasi mampu didapatkan secara praktis, mudah, cepat, dan tak membatasi pembaca mengenai topik persoalan tertentu.

Kehadiran media online di tengah-tengah arus digitalisasi tentu akan menghasilkan konten pemberitaan yang beragam pula. AS Haris Sumadiria (2014:65) berita ialah laporan tercepat mengenai fakta ataupun ide terbaru yang benar, menarik, dan atau penting bagi sebagian besar khalayak, melalui media berkala layaknya surat kabar, radio, televisi, film, dan bahkan online internet.

Berkenaan dengan topik relevansi judul berita dengan teras berita, sudah semestinya berita-berita yang disajikan pada media online menerapkan relevansi tersebut. Pasalnya, jika judul berita tak relevan dengan teras berita tentu akan timbul permasalahan di dalam konteks berita dan muatan berita itu sendiri yang justru dapat mengurangi kredibilitas media online dalam memproduksi konten berita.

Dewasa ini, penulis masih sering sekali menemukan kelalaian media online dalam menerapkan relevansi judul berita dengan teras berita terutama di kanal Politik beberapa media online di Indonesia, media-media online tersebut cenderung menerapkan pemberitaan politik yang bernada ‘clickbait’, pada akibatnya pembaca tak memahami maksud dari pokok berita yang disampaikan.

Padahal, judul dan teras berita menjadi pondasi awal dan utama dari sebuah pemberitaan yang berdampak ke pembaca akan melanjutkan membaca berita atau tidak.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 070 Media berita, jurnalisme dan penerbitan > 070 Media berita, jurnalisme dan penerbitan
300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 300 Ilmu sosial
400 – Bahasa (Bahasa Indonesia dikelas 499) > 490 Bahasa-bahasa lain > 499 Bahasa-bahasa Austronesia dan lainnya (Perpustakaan Nasional RI, 2013) > 499.221 Bahasa Indonesia
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Grafika dan Penerbitan > Penerbitan / Jurnalistik D3
User ID Pengunggah: MUHAMMAD FHANDRA HARDIYON
Date Deposited: 12 Aug 2024 02:53
Last Modified: 12 Aug 2024 02:53
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/18265

Actions (login required)

View Item
View Item