PENERAPAN LEAD DESKRIPTIF PADA BERITA KANAL REGIONAL DI KOMPAS.COM PERIODE MEI 2024

2106321057, Nadhifa Fitrina (2024) PENERAPAN LEAD DESKRIPTIF PADA BERITA KANAL REGIONAL DI KOMPAS.COM PERIODE MEI 2024. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Dokumen Tugas Akhir] Text (Halaman Identitas Dokumen Tugas Akhir)
Halaman Identitas Dokumen Tugas Akhir.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Isi] Text (Isi)
Isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (4MB)

Abstrak

Kebutuhan akan informasi menjadi suatu hal yang penting di era globalisasi saat ini, di mana akses terhadap informasi dapat dengan mudah diperoleh melalui perangkat digital seperti smartphone, komputer, dan tablet. Itulah sebabnya, kecepatan dan keterjangkauan teknologi ini memberikan dorongan kepada masyarakat Indonesia untuk terus mengikuti perkembangan informasi melalui jejaring sosial.
Media online atau cybermedia merupakan platform komunikasi yang memanfaatkan jaringan internet dan tersedia secara online melalui situs web. Media online menjadi salah satu bentuk media yang populer dan membutuhkan koneksi internet melalui perangkat elektronik untuk mengakses informasi dan berita.
Internet hadir sebagai media baru dengan membawa perubahan signifikan dalam cara manusia berkomunikasi, mengakses informasi, dan berinteraksi. Sejak tahun 1980, internet mulai berkembang di Indonesia dan mengalami kemajuan yang signifikan hingga saat ini. Seiring dengan meningkatnya aksesibilitas, pengguna internet pun semakin banyak, sehingga internet telah menjadi bagian integral dari kehidupan masyarakat Indonesia.
Sebagai pengguna aktif internet yang mengakses media online hampir setiap hari, penulis memilih media online Kompas.com sebagai platform untuk memenuhi persyaratan kelulusan.
Kompas.com adalah situs web berita online di Indonesia yang menyajikan 19 kanal berita, antara lain News, Tren, Hype, Food, Money, Sepak Bola, Teknologi, Sains, Otomotif, Inspirasi, Gaya Hidup, Kesehatan, Properti, Perjalanan, Pendidikan, Jeo, Kolom, Gambar, dan Kompas Interaktif Visual. Namun, pada penulisan laporan Tugas Akhir, penulis hanya membahas salah satu kanal yang tersedia di Kompas.com, yaitu kanal Regional.
Kanal Regional di Kompas.com merupakan kanal yang menyajikan konten khusus untuk wilayah atau daerah tertentu. Berita yang disajikan mencakup berita lokal, acara kebudayaan dan berbagai informasi yang behubungan dengan penduduk di wilayah tersebut. Informasi yang disampaikan berdasarkan apa yang dilihat, didengar, atau disaksikan secara langsung di lokasi kejadian. Kanal Regional di Kompas.com menjadi kanal yang populer yang memberikan informasi up-to-date dengan informasi terkini.
Namun, situs media online harus mampu memberikan informasi yang berkualitas dan menarik. Di kanal Regional Kompas.com, penulisan berita yang efektif memegang peranan penting dalam menarik minat dan menyampaikan informasi dengan jelas. Salah satu aspek yang menentukan dalam penulisan berita yang efektif dan menarik yaitu penggunaan jenis lead yang tepat.
Mengenai penulisan berita yang efektif dan menarik terdapat struktur berita yang disajikan dalam bentuk piramida terbalik, yaitu dengan informasi yang signifikan muncul pertama di bagian awal lead dan informasi yang kurang penting muncul di badan isi berita.
Dalam penulisan berita online tidak terlepas dari lead atau alinea pertama di suatu berita. Lead memberikan gambaran umum mengenai topik yang tengah dibahas, sehingga memungkinkan dengan cepat memahami esensi dari berita tanpa harus membaca keseluruhan berita. Lead yang menarik dan informatif tentu dapat memberikan nilai tambah. Metode gaya penulisan lead sangat terkait dengan sepuluh aturan dasar penulisan berita.
Metode 5W+1H dapat membantu dalam menciptakan gaya penulisan pada berita. Menurut Abdul Rasyid (2022:109) unsur 5W+1H dalam lead tidak perlu memuatkan sekaligus semua unsur dari 5W+1H, namun dibolehkan memuat lebih dari satu unsur 5W+1H.
Menurut Zikri Fachrul (2017:136) mengibaratkan unsur 5W+1H dalam lead, yakni seperti halnya etalase toko bisa memancing para pembeli untuk masuk ke dalam toko, dalam kaitan ini lead berita juga harus menjanjikan tentang kelanjutan dari tulisan pembuka.
Menurut Ana Nadhya Abrar dalam Asti Musman dan Nadi Mulyadi (2017:251), menjelaskan bahwa terdapat beberapa lead yang dapat digunakan dalam penulisan, yaitu lead ringkasan, lead bercerita, lead pertanyaan, lead penggoda, lead sapaan.
Penerapan lead deskriptif seringkali ditemukan pada kanal Regional di Kompas.com, di mana lead ini memiliki ciri khas utama yakni menggambarkan situasi atau peristiwa berdasarkan pengamatan langsung wartawan, sehingga seolah dapat ikut melihat, merasakan, meraba, dan membau. Informasi yang diberikan berdasarkan apa yang dilihat, didengar, disaksikan secara langsung atau berdasarkan hasil observasi oleh wartawan.
Pada lead deskriptif di Kompas.com menerapkan pada observasi langsung yang dilakukan oleh wartawan. Observasi ini melibatkan berbagai indera, seperti mata, telinga, hidung, kulit, dan bahkan rasa. Hal ini dapat membantu dalam memvisualisasikan mengenai suatu tokoh atau peristiwa.
Husen Mony (2020:124) mendefinisikan lead deskriptif sebagai berikut, “Lead deskriptif adalah paragraf pertama berita yang berisi uraian tentang penggambaran situasi atau suasana peristiwa.”
Menurut Zulhasril Nasril (2010:206) lead melukiskan (descriptive lead) yakni, “Wartawan berusaha untuk menciptakan suasana dengan menghadirkan suatu objek, namun tetap menjadi bagian dari materi pembahasan.”

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 070 Media berita, jurnalisme dan penerbitan > 070 Media berita, jurnalisme dan penerbitan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Grafika dan Penerbitan > Penerbitan / Jurnalistik D3
User ID Pengunggah: D3 Nadhifa Fitrina
Date Deposited: 09 Aug 2024 07:01
Last Modified: 09 Aug 2024 07:01
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/18221

Actions (login required)

View Item
View Item