PENERAPAN KARAKTERISTIK BAHASA JURNALISTIK SINGKAT DAN LUGAS DALAM BERITA PADA KANAL FINANCE OKEZONE.COM PERIODE APRIL 2024

2106321006, Putri Syifa Amelia (2024) PENERAPAN KARAKTERISTIK BAHASA JURNALISTIK SINGKAT DAN LUGAS DALAM BERITA PADA KANAL FINANCE OKEZONE.COM PERIODE APRIL 2024. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Penerapan Karakteristik Bahasa Jurnalistik Singkat dan Lugas Dalam Berita pada Kanal Finance Okezone.com Periode April 2024 Pendahuluan dan Penutup] Text (Penerapan Karakteristik Bahasa Jurnalistik Singkat dan Lugas Dalam Berita pada Kanal Finance Okezone.com Periode April 2024 Pendahuluan dan Penutup)
Putri Syifa A_Penerapan Karakteristik Bahasa Jurnalistik Singkat dan Lugas Dalam Berita pada Kanal Finance Okezone.com Periode April 2024 Pendahuluan dan Penutup.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Penerapan Karakteristik Bahasa Jurnalistik Singkat dan Lugas Dalam Berita pada Kanal Finance Okezone.com Periode April 2024 Isi Bab 2 sd Bab 4] Text (Penerapan Karakteristik Bahasa Jurnalistik Singkat dan Lugas Dalam Berita pada Kanal Finance Okezone.com Periode April 2024 Isi Bab 2 sd Bab 4)
TA Putri Syifa Amelia_Penerapan Karakteristik Bahasa Jurnalistik Singkat dan Lugas Dalam Berita pada Kanal Finance Okezone.com Periode April 2024 Isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (3MB)

Abstrak

Seorang jurnalis harus memperhatikan penggunaan bahasa jurnalistik ketika membuat suatu berita. Bahasa jurnalistik adalah bahasa komunikasi massa yang berfungsi sebagai pemberi informasi kepada publik, atau dapat diartikan sebagai bahasa komunikasi pengantar pemberitaan yang biasa digunakan oleh media baik cetak, elektronik maupun online.
Bahasa jurnalistik dijadikan sebagai acuan oleh para jurnalis ketika menyusun suatu berita. Hal tersebut agar berita yang ditulis dan disajikan kepada para pembaca menjadi jelas, lugas, tidak bermakna ganda dan nyaman dibaca sehingga dapat dengan mudah dipahami oleh seluruh lapisan masyarakat. Namun, bahasa jurnalistik terbagi menjadi beberapa unsur, salah satunya adalah karakteristik bahasa jurnalistik.
Singkat dan lugas adalah unsur karakteristik bahasa jurnalistik yang menjadi perhatian penulis. Hal ini sebab unsur tersebut membuat media online dapat menulis dengan ringkas dan mudah dipahami untuk dibaca oleh seluruh lapisan masyarakat.
Karakteristik bahasa jurnalistik singkat adalah bahasa jurnalistik yang langsung pada pokok masalah (to the point), menghindari penjelasan yang panjang, tidak bertele-tele, dan tidak mubazir kata. Kemudian karakteristik bahasa jurnalistik lugas adalah bahasa jurnalistik yang tegas, tidak ambigu, tidak berbelit-belit, tidak berbunga-bunga, serta jelas makna.
Karakteristik bahasa jurnalistik singkat dan lugas menarik untuk dibahas sebab menjadi salah satu aspek penting dalam pembuatan berita. Hal ini karena wartawan dapat membuaat membuat berita yang ringkas dan pembaca tetap bisa memahami isinya dengan mudah.
Karakteristik bahasa jurnalistik ini terkadang terabaikan oleh media online sebab lebih memperhatikan kecepatan tayangnya suatu berita.
Dalam tugas akhir ini menjelaskan “Penerapan Karakteristik Bahasa Jurnalistik Singkar dan Lugas dalam Berita pada Kanal Finance Okezone.com Periode April 2024”.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 070 Media berita, jurnalisme dan penerbitan > 070 Media berita, jurnalisme dan penerbitan
400 – Bahasa (Bahasa Indonesia dikelas 499) > 490 Bahasa-bahasa lain > 499 Bahasa-bahasa Austronesia dan lainnya (Perpustakaan Nasional RI, 2013) > 499.221 Bahasa Indonesia
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Grafika dan Penerbitan > Penerbitan / Jurnalistik D3
User ID Pengunggah: Putri Syifa Amelia
Date Deposited: 08 Aug 2024 07:39
Last Modified: 08 Aug 2024 07:39
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/18188

Actions (login required)

View Item
View Item