PERANCANGAN APLIKASI SISTEM PENCATATAN TRANSAKSI DAN PELAPORAN KEUANGAN STUDI KASUS PADA UMKM TAUCO CI ENJON TANGERANG

2004431036, Michelle Agatha Trixie (2024) PERANCANGAN APLIKASI SISTEM PENCATATAN TRANSAKSI DAN PELAPORAN KEUANGAN STUDI KASUS PADA UMKM TAUCO CI ENJON TANGERANG. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas,Bab 1&5] Text (Halaman Identitas,Bab 1&5)
SKRIPSI_MICHELLE_AGATHA_TRIXIE_2004431036_AKT8B_HAL IDENTITAS-BAB 5-DAFTAR ISI&LAMPIRAN.pdf

Download (902kB)
[thumbnail of Bab 2 s/d 4] Text (Bab 2 s/d 4)
SKRIPSI_MICHELLE_AGATHA_TRIXIE_2004431036_AKT8B_BAB 2-4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)

Abstrak

Di Indonesia, UMKM memainkan peran penting dalam menghadapi resesi ekonomi. Namun, banyak UMKM belum melakukan pencatatan transaksi sesuai standar dan belum memiliki laporan keuangan. Hal ini membuat UMKM rentan terhadap kesalahan pencatatan dan kesulitan dalam pengembangan usaha, terutama terkait sistem keuangan dan penyusunan laporan keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah aplikasi sistem akuntansi yang sesuai dengan kebutuhan UMKM Tauco Ci Enjon di Tangerang, serta menyusun panduan penyusunan laporan keuangan sesuai Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah (SAK EMKM). Sistem ini dirancang untuk memberikan informasi dan pemahaman terkait pencatatan transaksi dan penyusunan laporan keuangan sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, serta mengumpulkan data baik dari sumber sekunder maupun primer melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi langsung dengan pemilik UMKM Tauco Ci Enjon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UMKM ini hanya mencatat uang kas masuk dan keluar setiap bulan tanpa menyajikan laporan keuangan sesuai standar akuntansi. Oleh karena itu, peneliti merancang aplikasi sistem akuntansi berbasis google spreadsheet untuk membantu pencatatan transaksi dan penyusunan laporan keuangan UMKM Tauco Ci Enjon sesuai SAK EMKM.

Kata Kunci : UMKM, Aplikasi, Pencatatan Transaksi, Pelaporan Keuangan

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 657 Akuntansi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Akuntansi D4
User ID Pengunggah: Michelle Agatha Trixie
Date Deposited: 16 Aug 2024 06:27
Last Modified: 16 Aug 2024 06:27
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/18090

Actions (login required)

View Item
View Item