Analisis Kinerja Struktur Bangunan Tahan Gempa Dengan Kolom Konvensional dan Kolom Pipih

2001421035, Andika Dwi Pangestu (2024) Analisis Kinerja Struktur Bangunan Tahan Gempa Dengan Kolom Konvensional dan Kolom Pipih. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of BAGIAN KELENGKAPAN AWAL, BAB I DAN BAB V, DAFTAR PUSTAKA] Text (BAGIAN KELENGKAPAN AWAL, BAB I DAN BAB V, DAFTAR PUSTAKA)
FILE PERTAMA_BAGIAN KELENGKAPAN AWAL, BAB I DAN BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of ABSTRAK, ABSTRACT, BAB II-BAB IV, LAMPIRAN] Text (ABSTRAK, ABSTRACT, BAB II-BAB IV, LAMPIRAN)
FILE KEDUA_ABSTRAK, ABSTRACT, BAB II-BAB IV, LAMPIRAN.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (10MB)

Abstrak

Ketahanan struktur bangunan gedung bergantung pada kemampuan komponen kolom dalam menahan beban diatasnya. Kekuatan kolom sangat dipengaruhi oleh bentuk dan dimensinya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja struktur bangunan tahan gempa dengan kolom konvensional dan kolom pipih. Penelitian ini dilakukan dengan membuat 2 variasi pemodelan struktur bangunan gedung 8 lantai menggunakan software ETABS, yaitu Model 1 dengan kolom konvensional serta Model 2 dengan kombinasi antara kolom konvensional dan kolom pipih tipe L-Shaped dan T-Shaped column. Analisis beban gempa dilakukan dengan metode analisis respon spektrum, sedangkan untuk kinerja struktur dan mekanisme keruntuhan bangunan dilakukan dengan metode analisis pushover. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model 1 memiliki nilai gaya dalam, base shear, displacement, dan simpangan antar lantai yang lebih kecil dibandingkan Model 2. Hasil taraf kinerja struktur pada kedua model memiliki level yang sama, yaitu Damage Control (DC). Mekanisme keruntuhan struktur pada Model 1 sudah memenuhi syarat strong column weak beam, sedangkan Model 2 belum memenuhi syarat tersebut dan termasuk ke dalam column sway mechanism karena keruntuhan pertama terjadi pada kolom. Berdasarkan analisis statistik, tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara Model 1 dan Model 2, jika dilihat dari segi mempertahankan luas ruangan serta estetika ruang, Model 2 dengan kolom pipih memiliki nilai tambah.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 624 Teknik sipil
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 690 Pembangunan gedung > 690 Pembangunan gedung
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Sipil > Konstruksi Gedung D4
User ID Pengunggah: Andika Dwi Pangestu
Date Deposited: 29 Jul 2024 03:34
Last Modified: 29 Jul 2024 03:34
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/17902

Actions (login required)

View Item
View Item