ANALISIS KOEFISIEN PRODUKTIVITAS TUKANG KAYU PADA PEKERJAAN BEKISTING BALOK ANAK PROYEK PEMBANGUNAN GUDANG (Studi Kasus: Cakung Modern Logistic Warehouse)

2101311009, Naurah Nabihah (2024) ANALISIS KOEFISIEN PRODUKTIVITAS TUKANG KAYU PADA PEKERJAAN BEKISTING BALOK ANAK PROYEK PEMBANGUNAN GUDANG (Studi Kasus: Cakung Modern Logistic Warehouse). Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Naurah Nabihah_Naskah Bagian 1 (1).pdf] Text
Naurah Nabihah_Naskah Bagian 1 (1).pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Naurah Nabihah_Naskah Bagian 2.pdf] Text
Naurah Nabihah_Naskah Bagian 2.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (22MB)

Abstrak

Produktivitas tenaga kerja adalah kemampuan seorang tenaga kerja konstruksi untuk menyelesaikan tugas pokok dan fungsi sesuai dengan bidangnya masing-masing. Banyak faktor yang memengaruhi produktivitas tenaga kerja, diantaranya waktu dan metode pekerjaan. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui perbandingan nilai koefisien produktivitas tukang kayu aktual terhadap Permen PUPR pada pekerjaan bekisting balok Proyek Pembangunan Cakung Modern Logistic Warehouse dan mengidentifikasi faktor-faktor yang paling memengaruhi produktivitas tenaga kerja pada pekerjaan tersebut. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah work sampling untuk mengetahui koefisien produktivitas melalui observasi di lapangan dan kuesioner untuk mengetahui faktor-faktor yang paling memengaruhi produktivitas tenaga kerja khsususnya tukang kayu pada pekerjaan bekisting. Data kuesioner kemudian diolah menggunakan IBM SPSS. Hasil penelitian menunjukkan perbandingan koefisien produktivitas aktual dengan Permen PUPR adalah 0,004724 untuk pekerjaan perancah bekisting, 0,086024 untuk pekerjaan fabrikasi bekisting, 0,004724 untuk pekerjaan install bekisting dan 1,27285 untuk pekerjaan bongkar bekisting. Sedangkan 3 faktor utama yang paling memengaruhi produktivitas tukang kayu pada pekerjaan bekisting ini adalah curah hujan, metode pekerjaan, dan tingkat kompleks desain.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 624 Teknik sipil
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 690 Pembangunan gedung > 692 Praktek yang berhubungan dengan pekerjaan konstruksi
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 690 Pembangunan gedung > 693 Konstruksi dengan jenis bahan tertentu dan untuk tujuan tertentu
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Sipil > Konstruksi Gedung D3
User ID Pengunggah: Naurah Nabihah
Date Deposited: 29 Jul 2024 08:42
Last Modified: 29 Jul 2024 08:42
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/17887

Actions (login required)

View Item
View Item