4117010023, Reyhan Febrian Putra (2021) ANALISIS KINERJA SIMPANG BERSINYAL AKIBAT PEMBUKAAN AKSES KELUAR JATIKARYA RUAS TOL CIMANGGIS – CIBITUNG. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
This is the latest version of this item.
(IDENTITAS) Reyhan Febrian Putra-Eva Azhra Latifa-repository-dikonversi.pdf
Download (1MB)
Tugas Akhir - Reyhan Febrian Putra repository-23-136.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (5MB)
06-Reyhan Febrian Putra-Eva Azhra Latifa-repository-dikonversi.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori
Download (650kB)
Abstrak
Perkembangan infrastruktur khususnya bangunan jalan turut memberikan dampak pada perubahan dalam berbagai sistem di perkotaan pada suatu daerah. Perkembangan pada sistem transportasi termasuk diantaranya dalam pembukaan akses jalan tol tentunya akan berpengaruh dengan peningkatan arus lalu lintas. Dengan adanya pembukaan akses jalan tol menimbulkan simpang baru sehingga Jalan Alternatif Cibubur mengalami peningkatan yang tinggi terutama pada jam sibuk. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh akses jalan tol Cimanggis-Cibitung terhadap kinerja Jalan Alternatif Cibubur. Studi diawali dengan pengumpulan data sesuai dengan parameter yang diperlukan sebagai dasar analisis kinerja jalan yaitu derajat kejenuhan serta tingkat pelayanan berdasarkan PKJI 2014 dengan membandingkan kondisi dan asumsi keadaan normal (dengan membagi 75% dari kondisi eksisting). Hasil analisis didapatkan derajat kejenuhan tertinggi yaitu pada Jalan Alternatif Cibubur 0,74 dan jika diasumsikan dalam kondisi normal adalah 0,99 (tingkat pelayanan terendah E dengan kecepatan terendah menjapai 30,0 km/jam), panjang antrian 194,47 meter dan waktu tundaan mencapai 109,87 detik menandakan terjadinya konflik pada simpang bersinyal, karena panjang antrian mempengaruhi kinerja jalan alternati cibubur. Setelah melakukan simulasi dan mendapatkan optimasi simpang yang efektif yaitu pengaturan ulang waktu hijau dengan permodelan software VISSIM memberikan hasil yang lebih baik pada jam sibuk, serta menurunkan panjang antrian tertinggi sebesar 56,58% dan tundaan 80,16%.
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4) |
---|---|
Subjek: | 300 – Ilmu Sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 388 Transportasi 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 624 Teknik sipil |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Teknik Sipil > Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan D4 |
User ID Pengunggah: | S.Tr. Reyhan Febrian Putra |
Date Deposited: | 09 Sep 2021 04:18 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 04:18 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/1787 |
Available Versions of this Item
-
ANALISIS KINERJA SIMPANG BERSINYAL AKIBAT PEMBUKAAN AKSES KELUAR JATIKARYA RUAS TOL CIMANGGIS – CIBITUNG. (deposited 31 Aug 2021 05:32)
- ANALISIS KINERJA SIMPANG BERSINYAL AKIBAT PEMBUKAAN AKSES KELUAR JATIKARYA RUAS TOL CIMANGGIS – CIBITUNG. (deposited 09 Sep 2021 04:18) [Currently Displayed]
- ANALISIS KINERJA SIMPANG BERSINYAL AKIBAT PEMBUKAAN AKSES KELUAR JATIKARYA RUAS TOL CIMANGGIS – CIBITUNG. (deposited 07 Sep 2021 01:35)