SINGLE BEAM ECHOSOUNDER PADA RANCANG BANGUN WAHANA KAPAL TANPA AWAK MENGGUNAKAN ECHOLOGGER

2203433002, Muhammad Yusuf Irawan (2024) SINGLE BEAM ECHOSOUNDER PADA RANCANG BANGUN WAHANA KAPAL TANPA AWAK MENGGUNAKAN ECHOLOGGER. Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman identitas dokumen skripsi] Text (Halaman identitas dokumen skripsi)
Halaman Identitas Skripsi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 2 s/d BAB 4 Isi Skripsi] Text (BAB 2 s/d BAB 4 Isi Skripsi)
Isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)
[thumbnail of Manuskrip artikel ilmiah] Text (Manuskrip artikel ilmiah)
Manuskrip artikel ilmiah.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (774kB)

Abstrak

Indonesia, sebagai negara kepulauan, memiliki garis pantai terpanjang di dunia. Namun, karena jumlah pulau yang besar dan luasnya wilayah pesisir laut, Indonesia menghadapi tantangan tersendiri. Salah satunya adalah kurangnya data topografi dasar perairan untuk sebagian besar wilayah laut dan pesisir pantainya. Informasi mengenai batimetri laut atau karakteristik dasar laut sangat penting, karena dapat digunakan untuk mengidentifikasi habitat flora dan fauna laut, dan mengukur ketinggian permukaan air laut.

Dalam melaksanakan penelitian ini, prinsip metode logika fuzzy Sugeno menjadi landasan utama. Prinsip ini digunakan untuk merancang dan mengembangkan pengukur kedalaman air dengan memanfaatkan sensor ECT D24 pada wahana kapal survei tanpa awak. Metode logika fuzzy Sugeno dipilih karena mampu memodelkan kerumitan hubungan antara variabel masukan, seperti suhu udara, kelembaban udara, dan kecepatan angin, dengan variabel keluaran yang diinginkan, yaitu kedalaman air.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dengan menggunakan data kedalaman air yang diperoleh dari data Kedalaman Air NMEA ( National Marine Electronics Association) pada Sensor Echologger ECT D24 dengan metode logika fuzzy Sugeno sebagai pengambilan keputusan keakurasian ukuran kedalaman air di Kolam Politeknik Negeri Jakarta, Politeknik Negeri Jakarta, Depok, Jawa Barat. Menghasilkan tingkat akurasi antara nilai kekurasian dan kondisi aktual kedalaman air sebesar 97.58% dan nilai RMSE yang dihasilkan sebesar 0.546. Dalam hal ini metode logika fuzzy sugeno yang digunakan dalam keakurasian pengukuran kedalaman air memberikan hasil yang cukup baik untuk dapat diimplementasikan dalam penentuan pemetaan kedalaman air khususnya pada perairan tenang.

Kata Kunci : Sistem keakurasian Pengukuran Kedalaman Air, Logika Fuzzy, Logika Fuzzy Sugeno, Pengukuran Batimeri, Pengukuran Kedalaman Air, MATLAB.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
500 – Ilmu Pengetahuan > 530 Fisika > 537 Listrik dan elektronik
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Instrumentasi dan Kontrol Industri D4
User ID Pengunggah: A.Md.T. Yusuf Irawan
Date Deposited: 02 Apr 2024 04:55
Last Modified: 02 Apr 2024 04:55
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/16725

Actions (login required)

View Item
View Item