Perancangan dan Implementasi Sistem IoT untuk Monitoring dan Kontrol Temperatur Box Cold Chain dalam Penyimpanan Vaksin dengan Metode PID dan Moving Average.

2203433013, Halid Misfal Karbala (2024) Perancangan dan Implementasi Sistem IoT untuk Monitoring dan Kontrol Temperatur Box Cold Chain dalam Penyimpanan Vaksin dengan Metode PID dan Moving Average. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman identitas dokumen skripsi] Text (Halaman identitas dokumen skripsi)
File1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 2 s/d BAB 4 Isi Skripsi] Text (BAB 2 s/d BAB 4 Isi Skripsi)
file2.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)
[thumbnail of Manuskrip artikel ilmiah] Text (Manuskrip artikel ilmiah)
Jurnal Halid Misfal.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (887kB)

Abstrak

Dalam mengatasi tantangan pemeliharaan rantai dingin vaksin di daerah tropis, penelitian ini bertujuan mengembangkan sebuah alat berbasis Mikrokontroler ESP32. Alat ini, yang dilengkapi dengan sensor suhu dan modul lokasi, dirancang khusus untuk menjaga suhu vaksin dalam rentang 2 hingga 8 °C, menggunakan sistem kontrol Peltier yang diperkuat dengan metode Proportional-Integral-Derivative (PID) dan Moving Average. Dengan tujuan utama untuk memastikan kestabilan suhu vaksin, data suhu dan lokasi dikirimkan ke Firebase, memungkinkan pemantauan real-time melalui aplikasi Android. Pengujian sistem pendingin Peltier, dijalankan dengan parameter Kp=75, Ki=0.5, dan Kd=0.1, menghasilkan stabilitas sistem dengan nilai error rate 1.21°C, menunjukkan keefektifan metode yang digunakan. Aspek monitoring memperlihatkan keberhasilan dan presisi pengiriman data melalui HTTP POST selama 20 menit. Berdasarkan hasil ini, dapat disimpulkan bahwa alat yang dikembangkan efektif dalam menjaga stabilitas suhu vaksin, sehingga berkontribusi signifikan terhadap peningkatan kualitas distribusi vaksin di wilayah tropis. Penelitian ini menawarkan solusi teknologi yang inovatif untuk meningkatkan efikasi vaksinasi dengan menjamin kualitas vaksin terjaga selama distribusi.

Kata Kunci: ESP32, Alat Monitoring, Vaksin, ESP32, Arduino IDE, Mikrokontroler, Nosql, Android Studio, Peltier

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 680 Manufaktur untuk penggunaan khusus > 681 Produksi instrumen presisi dan perangkat lainnya
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Instrumentasi dan Kontrol Industri D4
User ID Pengunggah: Halid Misfal Karbala
Date Deposited: 30 Mar 2024 01:01
Last Modified: 30 Mar 2024 01:01
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/16712

Actions (login required)

View Item
View Item